Sabtu, 28 Nov 2020 17:10 WIB

Viral Dokter 'Reka Adegan' Menit Terakhir Pasien COVID-19 Sebelum Meninggal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien COVID-19. (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral dokter mereka adegan menit-menit terakhir pasien COVID-19 sebelum meninggal dunia. Dalam sebuah video, digambarkan pasien COVID-19 tengah kritis melawan Corona di ruangan ICU.

Dikutip dari Daily Star, dokter di ICU Dr Kenneth Remy tampak tengah mengenakan APD lengkap dengan siap melakukan intubasi pada pasien COVID-19 kritis. Prosedur medis ini memasukkan alat bantu napas bagi pasien untuk mengatasi kondisi kesulitan napas.

"Seperti inilah saat Anda bernapas 40 kali per menit dan memiliki tingkat oksigen yang turun jauh di bawah 80," jelas Dr Kenneth Remy, yang bekerja di Missouri Baptist Medical Center di St Louis, Missouri dalam video viral.

Ia mengingatkan kondisi bernapas puluhan kali per menit ini bisa dialami siapapun yang masih melanggar protokol COVID-19. Termasuk diri sendiri bahkan hingga orang-orang terdekat.



"Seperti inilah jadinya," tegasnya.

"Saya harap saat-saat terakhir dalam hidup Anda tidak terlihat seperti ini," lanjutnya.

Hingga kini video tersebut sudah dilihat lebih dari 150 ribu orang. Dr Kenneth menegaskan jika tak ingin mengalami kondisi ini, agar tak menganggap remeh pentingnya protokol COVID-19.

"Karena aku berjanji, inilah yang akan kamu lihat," ujar Dr Kenneth.

"Aku berjanji padamu, inilah yang akan dilihat oleh ibumu, atau ayahmu, atau anak-anakmu ketika mereka terkena penyakit COVID-19 di akhir hidup mereka. Ini serius," tegasnya.

Proses intubasi sendiri menurut Layanan Kesehatan Inggris (NHS) dilakukan saat pasien tengah dibius dan tak sadar selama melakukan prosedur tersebut.



Simak Video "Daftar Vitamin untuk Jaga Imunitas Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)