Minggu, 29 Nov 2020 05:30 WIB

Normalkah Jika Mr P Ereksi Saat BAB di Pagi Hari?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Normalkah jika Mr P ereksi saat buang air besar? (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Kaum pria mungkin pernah mengalami, Mr P ereksi saat sedang buang air besar (BAB) di pagi hari. Mungkin pula bertanya-tanya, apakah hal ini normal terjadi?

Profesor urologi dari The Men's Clinic di University of California Los Angeles, Jesse N Mills, dengan tegas mengatakan hal itu sangat mungkin terjadi. Tekanan di area panggul saat BAB disebutnya meningkatkan aliran darah di organ vital sehingga memicu ereksi.

"Fenomena vaskuler," sebut Mills, dikutip dari Health.com.

Mike Bohl dari klinik kesehatan pria Roman menjelaskan, ereksi dan buang air besar sama-sama melibatkan sistem saraf parasimpatis. Namun kemungkinan keduanya terjadi bersamaan bisa dipicu oleh banyak faktor.

Kemungkinan pertama adalah timing, yakni kesamaan waktu antara kebiasaan buang air besar dengan kecenderungan seorang pria mengalami ereksi. Keduanya terjadi pada pagi hari.

Bohl menyebut kemungkinan berikutnya adalah isi kepala yang melayang-layang saat buang air besar. Toilet umumnya cukup tenang dan terisolasi, sehingga memungkinkan seseorang untuk melamunkan hal-hal yang bisa saja membangkitkan ereksi.

Nah, kemungkinan terakhir mungkin agak ekstrem. Pada beberapa kasus, ereksi mungkin berhubungan dengan fetish atau ketertarikan seksual terhadap hal-hal seputar feses atau kotoran manusia.

"Tipe fetish ini disebut coprophillia," kata Bohl.

Berbahayakah jika sering mengalami ereksi saat buang air besar?

Kedua pakar sepakat, ereksi saat buang air besar bukan hal yang membahayakan. Tidak ada yang perlu dicemaskan, selama tidak disertai keluhan tertentu seperti nyeri atau perdarahan.

"Bagaimanapun, jika sampai mempengaruhi kehidupan sehari-hari, sebaiknya berbicara pada ahli kesehatan," saran Bohl.

Fenomena lain yang tak kalah unik adalah buang air besar hampir selalu disertai buang air kecil, tetapi tidak berlaku sebaliknya. Kenapa demikian? Klik DI SINI untuk tahu alasannya.



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)