Senin, 30 Nov 2020 13:05 WIB

Makanan & Minuman Manis Juga Bikin Kolesterol, Kok Bisa?

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Makanan Manis Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang berpikir satu-satunya sumber kolesterol jahat yaitu makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti daging merah, kentang goreng, udang, daging olahan, dan sebagainya. Padahal, makanan atau minuman manis juga ternyata berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, loh.

Melansir Healthline, dalam sebuah penelitian menyebutkan orang yang mengonsumsi gula memiliki kadar kolesterol baik (HDL) lebih rendah. Padahal, HDL berfungsi mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, dalam penelitian itu juga disebutkan mengonsumsi banyak gula bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan stroke.

Anjuran pembatasan konsumsi gula juga telah disampaikan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Mereka merekomendasikan agar konsumsi gula kurang dari 10 persen dari asupan energi harian. Lebih baik lagi bila asupannya kurang dari 5 persen jumlah kalori yang didapat dari makanan setiap harinya. Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi gula maksimal 50 gram per hari.

Nah, sekarang bisakah kamu menyebutkan berapa gelas teh manis, boba, soda, atau berapa buat kue donat yang kamu konsumsi per hari? Jika sudah berlebihan, kurangi asupan gula dengan membatasi makanan atau camilan manis setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti gula dengan alternatif lain seperti madu atau dengan pemanis alami pada buah-buahan. Selain gula dan makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol juga bisa diderita oleh orang-orang yang kurang berolahraga, dan menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti suka begadang, merokok, dan minum minuman beralkohol.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mulailah dari berolahraga secara rutin, menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi dan banyak mengandung serat, serta kurangi konsumsi gula harian.

Kamu juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(ega/ega)