Senin, 30 Nov 2020 13:28 WIB

Ayu Wulantari Meninggal, Kenali Tanda-tanda Bunuh Diri dan Pencegahannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi Bunuh Diri Tanda-tanda seseorang hendak bunuh diri (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Selebgram Ayu Wulantari meninggal karena bunuh diri. Dilaporkan, wanita asal Bali itu menghabisi nyawanya sendiri di kawasan Jimbaran, Bali.

Menurut keterangan Kepala Polsek Kuta Selatan, AKP Yusak Agustinus Sooai, sebelum ditemukan bunuh diri, Ayu Wulantari sempat menunjukkan gelagat aneh. Misalnya, ia menghubungi keluarganya sebelum melakukan aksi tersebut.

Polisi pun menduga ia melakukan bunuh diri karena masalah percintaan.

Apa ada tanda-tanda jika seseorang ingin bunuh diri?

Pendiri komunitas pencegahan bunuh diri Into The Light Benny Prawira, saat diwawancarai terkait kasus bunuh diri Sulli mantan personel grup idol Korea f(x), salah satu tanda dari orang yang ingin bunuh diri adalah menarik diri dari lingkungan. Salah satu tandanya adalah sulit dihubungi.

Beberapa waktu sebelum ditemukan tidak bernyawa di apartemennya pada 2019, Sulli dikabarkan tidak bisa dihubungi.

"Selain tidak bisa dihubungi dan cenderung menarik diri, ada tanda lain yang kerap diperlihatkan. Yaitu unggahan yang selalu soal kematian bahkan menceritakan bagaimana dia hendak mati, mood yang naik turun, dan stres berkepanjangan. Jika menjumpai hal ini, jangan ragu bertanya dan dengarkan ceritanya," jelas Benny saat itu.

Apa yang harus dilakukan jika seseorang menunjukkan tanda-tanda bunuh diri?

Dokter jiwa dari Poli Psikiatri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, dr Yaniar Mulyantini, SpKJ, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika seseorang memperlihatkan tanda-tanda bunuh diri. Di antaranya sebagai berikut.

  • Langsung dekati dan ajak bicara dan cukup menjadi pendengar yang baik.
  • Apabila merasa tidak memiliki kapasitas untuk membantu, maka segera cari pertolongan tenaga profesional.
  • Pastikan yang bersangkutan pada situasi yang aman dan nyaman. Jauhkan dari barang-barang yang cenderung bisa berbahaya dan mengancam keselamatannya.
  • Dekatkan yang bersangkutan ke keluarga atau support system.

CATATAN: Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri, segera cari bantuan dengan menghubungi psikolog dan psikiater terdekat.



Simak Video "Toxic Positivity, Racun Dibalik Ucapan Semangat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)