Senin, 30 Nov 2020 19:40 WIB

Musim Hujan Banyak Penyakit, Cegah dengan Cara Simple Ini

Inkana Putri - detikHealth
Sakit musim hujan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tipes menjadi dua penyakit yang harus diwaspadai pada musim hujan. Mengingat keduanya menjadi penyakit yang sering sekali muncul saat musim hujan.

Namun selain DBD dan tipes, masih ada banyak penyakit lain yang wajib diwaspadai, khususnya di tengah pandemi saat ini. Untuk mencegah berbagai penyakit di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti yang dilansir dari ndtv berikut ini.

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan yang baik dapat membantu mencegah infeksi virus selama musim hujan. Oleh karena itu, mulailah meningkatkan kebersihan diri saat musim hujan, baik itu sebelum dan sesudah beraktivitas. Pastikan selalu untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersin, batuk, menggunakan kamar kecil, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, khususnya di dalam rumah. Mengingat virus dan bakteri bisa muncul di mana saja.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi bisa menentukan seberapa rentan tubuh terkena virus dan infeksi. Selama musim hujan, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari membeli makanan dari luar dan mulai mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri. Pasalnya, kemungkinan besar makanan yang dibeli di lingkungan yang tidak higienis menyebabkan banyak kuman berkembang biak.

3. Tetap Terhidrasi

Untuk bisa sehat dan terus beraktivitas sehari-hari, tubuh juga perlu cairan yang cukup. Menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik adalah satu hal yang bisa menjaga kesehatan diri. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Tubuh yang terhidrasi akan membantu melawan kuman dan infeksi.

4. Istirahat Cukup

Siapa sangka menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup. Tidur malam yang nyenyak disebut penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sedangkan kurang tidur atau tidur kurang dari enam jam sehari dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan lelah. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terkena infeksi dan virus.

5. Gunakan Air Bersih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi memang menjadi salah satu hal yang penting. Namun, jangan lupa untuk selalu memastikan air tersebut murni dan bersih. Air yang terkontaminasi sangat memungkinkan menjadi tempat berkembangbiak bakteri jahat sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit saat masuk ke dalam tubuh.

6. Cuci Bahan Makanan

Selain menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, pastikan juga untuk mencuci seluruh bahan makanan sebelum dimasak hingga bersih. Pasalnya, buah, sayuran, daging, atau bahan makanan lainnya berisiko terpapar debu, kotoran, dan bakteri berbahaya. Mencuci bahan makanan sebelum dimasak bisa mencegah zat atau mikroorganisme berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh.

7. Hindari Berbagi Makanan & Minuman

Seperti diketahui, virus dan bakteri bisa menular dari mana saja, termasuk dari orang terdekat sekali pun. Saat sedang sakit, sebaiknya hindari untuk berbagi makanan dan minuman dengan siapa pun. Mengingat virus dan bakteri sangat mudah menular dari makanan atau minuman tersebut.

8. Lakukan Tindakan Pencegahan

Mencegah penyakit memang lebih baik daripada mengobati. Guna mencegah infeksi virus dan penyakit, ada banyak hal yang bisa dilakukan antara lain mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau, makanan fermentasi, vaksinasi dan lainnya. Hal-hal tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit.

Itulah kedelapan hal mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh terkena infeksi virus dan penyakit selama musim hujan dan pandemi. Namun bila penyakit datang secara tiba-tiba, Anda harus mempersiapkan biaya yang mungkin tak sedikit untuk bisa sembuh dari penyakit.

Untuk perlindungan lebih, Anda bisa menggunakan Mega Health Protection, asuransi dari Mega Insurance yang memberikan perlindungan apabila harus dirawat inap di rumah sakit akibat penyakit tropis, salah satunya adalah DBD dan tipes.

(prf/up)