Senin, 30 Nov 2020 21:00 WIB

Tanda-tanda Hamil Dilihat dari Bentuk Payudara, Penasaran?

Tim detikHealth - detikHealth
Disappointed Asian woman sitting bed when see the pregnancy test result. Girl feels worry and not ready to be a mother. Man feeling stress about the future kid holding head. Unprepared sexual problem. Tanda-tanda hamil dilihat dari bentuk payudara (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis)
Jakarta -

Kehamilan memicu perubahan hormonal dalam tubuh seorang wanita. Dampaknya, beberapa bagian tubuh mengalami penyesuaian, termasuk payudara. Jadi seperti apa sih?

Dikutip dari Parenting Firstcry, setidaknya ada dua hormon yang berperan dalam kehamilan yakni esterogen dan progesteron. Keduanya berperan menyiapkan ASI atau air susu ibu, memastikan produksinya lancar.

Beberapa perubahan yang terjadi antara lain sebagai berikut.

Perubahan pada minggu 1-3

Umumnya perubahan payudara mulai terasa pada minggu kedua, menjadi lebih sensitif terutama di bagian arteri mamae internal, Kelenjar susu tumbuh dengan cepat pada periode ini.

Perubahan pada minggu 4-6

Peningkatan aliran darah pada periode ini menyebabkan sensasi tertusuk dan kesemutan di sekitar puting payudara. Pigmentasi membuat areola jadi lebih gelap, sedangkan puting makin menonjol.

Perubahan pada minggu 7-9

Secara keseluruhan, bentuk payudara mulai kelihatan membesar akibat penumpukan lemak dan kelenjar susu yang makin banyak. Payudara juga terasa makin lembut dan sensitif. Bintik kecil di sekitar areola mulai muncul.

Perubahan pada minggu 10-12

Perubahan pada periode ini paling kelihatan di area puting, yang semakin menonjol.

Perubahan payudara terus terjadi pada periode kehamilan berikutnya. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Mengapa Ibu Hamil di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)