Selasa, 01 Des 2020 06:00 WIB

10 Cara Membakar Lemak Terbaik dengan Cepat dan Mudah

Tim detikcom - detikHealth
Overweight woman with tape is measuring fat on belly - obesity concept Foto: iStock/10 Cara Membakar Lemak Terbaik dengan Cepat dan Mudah
Jakarta -

Lemak yang berkumpul di perut, paha, dan lengan dapat mengganggu penampilan. Bahkan banyak lemak di bagian-bagian itu dapat menyebabkan obesitas bahkan penyakit jantung.

Untungnya, ada banyak langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah cara membakar lemak terbaik dengan cepat dan mendorong penurunan berat badan dilansir Healthline:


1. Latihan Kekuatan

Artis cantik yang gemar angkat beban.Artis cantik yang gemar angkat beban. Foto: Instagram

Latihan kekuatan adalah jenis latihan yang mengharuskan Anda untuk mengencangkan otot melawan resistensi. Latihan itu membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan.

Paling umum, latihan kekuatan melibatkan pengangkatan beban untuk mendapatkan otot dari waktu ke waktu.

Penelitian telah menemukan latihan kekuatan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama dalam hal membakar lemak.

Dalam sebuah penelitian, latihan kekuatan mengurangi lemak visceral pada 78 orang dengan sindrom metabolik. Lemak visceral adalah jenis lemak berbahaya yang mengelilingi organ di perut.

Studi lain menunjukkan bahwa latihan kekuatan 12 minggu yang dipasangkan dengan latihan aerobik lebih efektif dalam mengurangi lemak tubuh dan lemak perut daripada latihan aerobik saja.

Latihan ketahanan juga dapat membantu mempertahankan massa bebas lemak, yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat.

Menurut sebuah ulasan, 10 minggu latihan ketahanan dapat membantu meningkatkan kalori yang terbakar saat istirahat hingga 7% dan dapat mengurangi berat lemak hingga 1,8 kg.

Melakukan latihan beban tubuh, mengangkat beban, atau menggunakan peralatan gym adalah beberapa cara mudah untuk memulai latihan kekuatan.


2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Memasukkan lebih banyak makanan kaya protein dalam diet Anda adalah cara yang efektif untuk mengurangi nafsu makan dan membakar lebih banyak lemak.

Faktanya, banyak penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak protein berkualitas tinggi dikaitkan dengan risiko lemak perut yang lebih rendah.

Satu studi juga menunjukkan bahwa diet protein tinggi dapat membantu menjaga massa otot dan metabolisme selama penurunan berat badan.

Meningkatkan asupan protein Anda juga dapat meningkatkan perasaan kenyang, menurunkan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori untuk membantu penurunan berat badan.

Cobalah memasukkan beberapa porsi makanan berprotein tinggi ke dalam diet Anda setiap hari untuk membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.


3. Tidur Lebih Lama

Tidur sedikit lebih awal atau menyetel jam alarm lebih lama dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara cukup tidur dan penurunan berat badan.

Satu studi terhadap 68.183 wanita menunjukkan bahwa mereka yang tidur lima jam atau kurang per malam selama 16 tahun lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan daripada mereka yang tidur lebih dari tujuh jam per malam.

Studi lain menunjukkan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dan tidur setidaknya tujuh jam per malam meningkatkan kemungkinan penurunan berat badan yang berhasil sebesar 33% pada 245 wanita yang terdaftar dalam program penurunan berat badan selama enam bulan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan perubahan hormon kelaparan, peningkatan nafsu makan, dan risiko obesitas yang lebih tinggi.

Meskipun setiap orang membutuhkan jumlah waktu tidur yang berbeda, sebagian besar penelitian telah menemukan bahwa tidur setidaknya tujuh jam per malam dikaitkan dengan manfaat paling banyak dalam hal berat badan.

Patuhi jadwal tidur yang teratur, batasi asupan kafein, dan minimalkan penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur untuk membantu mendukung siklus tidur yang sehat.


4. Tambahkan Cuka

Cuka terkenal dengan khasiatnya yang meningkatkan kesehatan.

Selain efek potensial pada kesehatan jantung dan kontrol gula darah, meningkatkan asupan cuka merupakan cara membakar lemak berdasarkan beberapa penelitian.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 sendok makan (15-30 ml) cuka setiap hari mengurangi berat badan, lemak perut, dan lingkar pinggang rata-rata selama 12 minggu.

Mengkonsumsi cuka juga telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Studi kecil lainnya terhadap 11 orang menunjukkan bahwa menambahkan cuka ke dalam makanan mengurangi asupan kalori harian hingga 275 kalori.

Sangat mudah untuk memasukkan cuka ke dalam makanan Anda. Misalnya, banyak orang mengencerkan cuka sari apel dengan air dan meminumnya sebagai minuman beberapa kali sehari setelah makan.

Namun, jika meminum cuka secara langsung tidak terdengar menarik. Anda juga bisa menggunakannya dalam bumbu dan saus masakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2