Rabu, 02 Des 2020 12:16 WIB

Haru, Dokter Peluk Kakek yang Menangis karena COVID-19, Fotonya Viral

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dokter peluk pasien COVID-19 Dokter tenangkan pasien COVID-19. (Foto: CNN)
Jakarta -

Seorang dokter asal Texas, Joseph Varon, viral setelah fotonya memeluk seorang kakek yang menangis di ruang perawatan COVID-19 beredar di sosial media.

Berdasarkan laporan CNN, dokter itu menemukan sang kakek sangat sedih dan putus asa karena ingin merayakan Thanksgiving bersama istrinya, sementara ia harus berada di ruang isolasi COVID-19.

"Saat saya masuk ke ruangan isolasi COVID-19, saya melihat kakek ini turun dari tempat tidur dan berusaha keluar ruangan dan dia menangis," katanya.

"Jadi saya mendekatinya dan bertanya 'kenapa kamu menangis' dan kakek itu berkata 'saya mau bersama istri saya'," lanjutnya.

Varon berkata akhirnya pria itu merasa lebih baik dan berhenti menangis. Tetapi dia mengatakan pasien tidak akan dapat melihat istrinya sampai dia dinyatakan negatif saat tes swab dan dapat dipulangkan.

Kepala staf di United Memorial Medical Center Houston ini sudah bekerja selama 256 hari untuk merawat pasien COVID-19. Meski demikian ia belum putus asa dalam menangani pandemi Corona meski banyak rekan lain yang merasa sebaliknya.

Dikatakan oleh Varon, ruang isolasi COVID-19 adalah tempat yang paling menyiksa bagi pasien karena mereka tak bisa didampingi oleh keluarga. Hal ini tentunya akan lebih sulit diterima oleh pasien lanjut usia.

"Sangat sulit. Bisa dibayangkan, Anda berada di dalam ruangan di mana orang-orang masuk dengan 'pakaian antariksa' dan tidak berbicara dengan Anda, hanya melalui telepon. Maksud saya, itu sangat sulit ketika Anda seorang orang tua. Anda merasa terisolasi," jelasnya.

Varon mengatakan beberapa hari yang lalu di rumah sakit tempatnya bekerja ada pasien yang berusaha kabur karena tak tahan di ruang isolasi.

"Beberapa dari mereka mencoba melarikan diri," katanya. "Kami benar-benar memiliki seseorang yang mencoba melarikan diri melalui jendela tempo hari."

Pria di foto itu mungkin bisa segera bertemu dengan istrinya, kata Varon. Kondisinya telah membaik, dan staf berharap dia akan diperbolehkan pulang pada akhir minggu.



Simak Video "Cara Tingkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)