Kamis, 03 Des 2020 09:31 WIB

24 Positif Corona Kontak Erat Anies-Riza, Hari ke Berapa Pasien Sangat Menular?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria Anies Baswedan positif Corona. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Corona, begitu pula dengan Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Dari keduanya, ada 24 orang yang dinyatakan positif COVID-19 usai melakukan kontak dekat.

Hal ini diketahui usai Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan tracing atau penelusuran pada ratusan orang.

"Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," kata Kadinskes DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis di situs PPID Pemprov DKI Jakarta, Rabu (2/12/2020).

COVID-19 diketahui cepat menular terlebih saat melakukan kontak erat dengan pasien positif. Namun, kapan sebenarnya pasien Corona sangat menular di awal terinfeksi?

Hal ini sempat diungkap sebuah studi yang dimuat dalam jurnal medis The Lancet. Penelitian peer-review mengungkap bahwa pasien Corona paling menular di hari ke-9 usai terpapar, setelah gejala Corona muncul. Studi ini menunjukkan masa isolasi setidaknya perlu dilakukan selama 10 hari.

"Temuan kami sejalan dengan studi pelacakan kontak, yang menunjukkan bahwa sebagian besar peristiwa penularan virus terjadi sangat awal, terutama dalam lima hari pertama setelah timbulnya gejala. Menunjukkan pentingnya segera isolasi diri setelah gejala muncul," jelas penulis utama penelitian, Muge Cevik, dari Universitas St Andrews dalam sebuah pernyataan yang dikutip di Global News, Jumat (20/11/2020).

"Pada pasien dengan gejala yang tidak parah, masa penularannya bisa dihitung 10 hari sejak timbulnya gejala," lanjutnya.

Sementara itu, berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagian besar negara merekomendasikan isolasi selama 10 hari untuk pasien COVID-19. Disebutkan, jarak waktu infeksi COVID-19 dengan gejala yang muncul rata-rata berada di hari ke-5 hingga ke-6.

"Panduan kami saat ini adalah siapa pun yang telah terinfeksi bisa keluar dari isolasi diri yang aman setelah 10 hari, yang sejalan dengan temuan," jelas Dr Barry Pakes, dokter kesehatan masyarakat sekaligus profesor di Universitas Toronto.



Simak Video "Ciri-ciri Gejala Corona pada Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)