Kamis, 03 Des 2020 14:00 WIB

Pakar Klaim Vaksin COVID-19 Pfizer BIkin Kebal Corona 1 Minggu

Ayunda Septiani - detikHealth
Pertama di Dunia, Inggris Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech Vaksin COVID-19 Pfizer. (Foto: DW (News))
Jakarta -

Vaksin COVID-19 Pfizer terbukti bisa mencegah penularan virus Corona COVID-19 sebanyak 95 persen dan siap untuk digunakan di Inggris pada akhir tahun 2020 ini.

Seorang ahli mengatakan, bahwa vaksin Pfizer ini bisa memberikan kekebalan terhadap virus corona COVID-19 selama 7 hari setelah suntikan kedua.

Setiap orang membutuhkan setidaknya dua dosis vaksin Pfizer untuk COVID-19 agar bekerja paling efektif. Dua dosis vaksin Pfizer ini diberikan dengan jeda selama 21 hari.

Dikutip dari The Sun, profesor Sir Munir Pirmohamed mengatakan, orang yang diberi vaksin Pfizer akan menjadi kebal setelah mendapatkan dosis kedua. Meskipun, mereka juga mendapatkan perlindungan parsial selama 12 hari setelah dosis pertama.

Prof Sir Munir Pirmohamed, ketua kelompok kerja Komisi Obat-obatan Manusia (CHM) untuk vaksin COVID-19 mengatakan penggunaan vaksin Pfizer akan memberikan manfaat luar biasa dalam mengatasi pandemi virus corona ini.

"Data menunjukkan bahwa vaksin ini 95 persen efektif cegah virus Corona. Vaksin ini juga efektif dalam semua kelompok yang diberi vaksin dalam uji coba terlepas dari usia, jenis kelamin, ras atau tempat tinggalnya," kata Prof Sir Munir.

Prof Sir juga mengatakan keamanan penggunaan vaksin Pfizer mirip dengan vaksin virus Corona lainnya. Selain itu, efek samping vaksin Pfizer juga ringan dan hanya berlangsung beberapa hari.

Uji coba global terhadap vaksin Pfizer yang melibatkan 43.500 orang menemukan beberapa orang hanya mengalami efek samping demam ringan atau kelelahan setelah vaksinasi.

Beberapa orang juga mengaku mengalami efek samping seperti mabuk parah. Sejauh ini, belum ada efek samping serius yang disebabkan oleh vaksin Pfizer.

Kendati demikian, lamanya kekebalan bisa bertahan setelah mendapatkan suntikan vaksin virus Corona COVID-19 masih belum jelas.



Simak Video "Bos BioNTech Yakin Vaksin Pfizer Bisa Akhiri Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)