Kamis, 03 Des 2020 21:07 WIB

Ingin Cepat Punya Momongan? Ini 7 Hal yang Penting Diperhatikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Disappointed Asian woman sitting bed when see the pregnancy test result. Girl feels worry and not ready to be a mother. Man feeling stress about the future kid holding head. Unprepared sexual problem. Tips agar cepat punya keturunan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis)
Jakarta -

Setelah menikah, setiap pasangan pasti berharap ingin memiliki momongan. Tetapi banyak juga yang belum bisa hamil meski sudah lama menikah. Kesehatan serviks turut mempengaruhi peluang kehamilan.

Serviks merupakan bagian mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dengan rahim. Ini juga bisa berhubungan dengan tempat keluarnya darah menstruasi, melahirkan, serta menjadi jalan masuknya sperma ke sel telur dalam rahim.

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kesehatan adalah keputihan, yang biasanya menjadi hal yang diabaikan. Tapi nyatanya, keputihan itu juga bisa jadi hal yang tidak normal hingga tanda dari kanker serviks.

"Lendir atau keputihan yang tidak normal ditandai dengan perubahan warna. Seperti kekuningan, kemerahan, kehitaman, bahkan kehijauan, serta diiringi dengan bau yang tidak sedap," jelas dokter kandungan dan kebidanan, dr. Astrid Padang, SpOG, di Rumah Sakit Atma Jaya, dikutip dari HaiBunda, Kamis (3/12/2020).

Adapun ciri-ciri keputihan yang tidak sehat seperti lendir yang kental, berbau anyir dan menimbulkan rasa gatal pada vagina, yang bisa menjadi tanda bahwa sedang terjadi infeksi. Jika tidak segera ditangani, bisa menyebar dan menyebabkan radang serta kemandulan.

Untuk mencegahnya terjadi, berikut 7 tipsnya yang diberikan dr Astrid.

1. Menjaga berat badan

Ternyata berat badan wanita berdampak pada kesehatan rahim, karena serviks sangat berhubungan dengan hormon. Jika berat badan dijaga, kadar estrogen akan stabil dan memberikan efek yang baik pada kesuburan kewanitaan.

Jika kondisi hormon tidak seimbang. Salah satu penyakit yang bisa muncul adalah penyakit kanker rahim.

2. Mengkonsumsi asupan yang sehat

Saat kamu mengkonsumsi asupan yang sehat, selain berpengaruh pada berat badan ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan rahim. Kamu bisa mengkonsumsi beberapa sayuran yaitu brokoli dan wortel.

Kedua sayuran itu mengandung asam fosfat dan beta karoten yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rahim. Selain sayur-sayuran, perlu juga mengkonsumsi vitamin C dan D.

3. Hindari menahan buang air kecil

dr Astrid mengatakan penyebab keputihan atau lendir yang tidak sehat adalah infeksi. Hal ini bisa terjadi jika sering menahan buang air kecil.

Apa dampaknya? Itu akan memicu perkembangan bakteri di vagina, karena saluran buang air kecil itu sangat berdekatan letaknya.

4. Rajin olahraga

Selain membuat badan bugar dan sehat, olahraga juga bisa membantu untuk menjaga kesuburan rahim wanita. Contohnya seperti yoga dan juga berenang.

Jika rutin berolahraga, bisa meningkatkan kesuburan wanita dan melatih fleksibilitas tubuh agar memperlancar proses persalinan nanti.

Pola makan yang sehat juga menentukan peluang kehamilan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)