Jumat, 04 Des 2020 07:04 WIB

Cuaca Tak Menentu, Konsumsi Citrus hingga Bayam Bisa Jaga Kesehatan

Content Promotion - detikHealth
Hujan Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa hari belakangan ini, Indonesia tengah dilanda cuaca yang tak menentu. Terkadang bisa dilanda panas terik seharian penuh, bisa juga dilanda cuaca hujan dengan curah yang tinggi. Tentunya, diperlukan tubuh dengan imunitas yang tinggi untuk menghadapi cuaca tersebut agar terhindar dari penyakit.

Nyatanya, . Walaupun bukan penyakit kronis tetapi penyakit tersebut dapat membuat tidak enak, pekerjaan terganggu, dan juga konsentrasi pudar dan untuk mengatasinya tubuh harus memiliki imunitas yang baik.

Nah, supaya imunitas di dalam tubuh lebih baik, cobalah memulai dari mengubah pola makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari healthline, banyak makanan yang bisa membuat imunitas tubuh meningkat dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Ayam

Unggas ini selain enak ternyata juga baik untuk imunitas tubuh lho. Ayam memiliki kandungan vitamin B-6 tinggi yang berperan penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Vitamin ini juga baik untuk pembentukan sel darah merah baru yang sehat. Tak cuma dagingnya, kaldu ayam yang direbus dengan tulang ayam juga mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan.

Jahe

Jahe telah menjadi satu dari sekian banyak bahan makanan yang kerap dipakai untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan di kondisi yang sedang tak menentu saat ini mengonsumsi jahe sangatlah direkomendasikan.

Ini karena jahe mengandung berbagai manfaat untuk mengurangi peradangan, sakit tenggorokan dan juga penyakit inflamasi. Jahe juga dapat membantu meredakan mual. Jahe pun dapat dibuat untuk berbagai macam makanan mulai dari biskuit hingga puding.

Bayam

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran seperti bayam saat cuaca yang sedang tak menentu ini. Sebab, bayam mempunyai kandungan vitamin C yang tak kalah banyaknya dengan buah-buahan. Tak hanya vitamin C, bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Buah Citrus

Buah memang mengandung segala jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah buah citrus yang dikenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Sebut saja beberapa buah jeruk seperti jeruk nipis, jeruk bali dan lemon menjadi beberapa buah citrus yang memiliki vitamin C tinggi.

Vitamin C pun juga dianggap dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi dan juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan meningkatkan sel darah putih, sistem kekebalan tubuh juga akan lebih baik dari sebelumnya.

Selain mengonsumsi tersebut, mengonsumsi suplemen vitamin C juga bisa menjadi pilihan untuk untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun sebagai catatan, lebih baik vitamin atau suplemen dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Salah satu vitamin yang dapat dikonsumsi ialah Samcorbex yang mengandung vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh.

Samco FarmaSamco Farma Foto: Samco Farma

Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim penyakit ini. Selain itu, ada Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(mul/ega)