Jumat, 04 Des 2020 17:55 WIB

Viral Kena Infeksi Payudara Gara-gara Kebanyakan Micin, Benarkah?

Zintan Prihatini - detikHealth
Tangkapan layar Tiktok @fzhhps Infeksi payudara, gara-gara micin? (Foto: Tangkapan layar Tiktok @fzhhps)
Jakarta -

Seorang wanita membagikan pengalamannya terkena mastitis atau infeksi jaringan payudara di aplikasi TikTok. Pemilik akun @fzhhps itu mengaku, penyebab mastitis yang diidapnya adalah sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung penyedap rasa.

"Aku baru selesai operasi. Sakit itu gak enak, sumpah," tulis @fzhhps dalam videonya.

"Semua ini terjadi karna, keseringan makan, makanan-makanan ini. Terutama buat perempuan, kurangin makan mincin, junkfood, dll yang menggunakan penyedap rasa," tulis akun @fzhhps.

Dikonfirmasi detikcom, Jumat (04/12/2020), wanita bernama Fauziahh ini menjelaskan penyebab mastitis yang ia idap karena terlalu sering makan makanan dengan tambahan monosodium glutamat atau MSG. Karena itu, Fauziahh mengaku akan berhenti memakan makanan yang mengganggu kesehatannya lagi.

"Soalnya aku emang suka banget makan makanan yang micin-micin gitu. Sekarang udah di-stop semua gak makan yg aneh-aneh lagi biar cepet sembuh," ujarnya.

Gejala infeksi jaringan payudara yang dialaminya dimulai pada Agustus 2020. Ia merasakan nyeri disertai denyutan ketika mengangkat tangan dan munculnya benjolan di bawah payudaranya. Setelah merasakan gejala itu, ia langsung memeriksakan diri.

Meski telah melakukan pemeriksaan selama tiga kali, diagnosis dokter tak menunjukkan perlunya pembedahan pada benjolan. Namun, beberapa minggu setelahnya ia merasakan nyeri lagi. Wanita asal Medan itu pun sempat meminum air rebusan yang dipercaya bisa mengempeskan benjolan di payudaranya, tetapi tak ada hasil.

"Aku nggak balik ke dokter, tapi aku cari dokter lain spesialis bedah. Nah di situ dokter kasih obat dicoba 2 kali mau lihat kempes atau nggak. Ternyata nggak kempes juga, yasudah mau nggak mau aku operasi dan izin buat gak PKL. Soalnya benjolannya udah besar dan takut nyebar," jelasnya.

Meski masih dalam masa pemulihan, Fauziahh tetap melakukan kuliah jarak jauh dengan izin dari dosen pengampu untuk tak menyalakan kamera saat pertemuan daring. Walaupun dampak akibat makan sembarangan belum terlihat, ia berpesan agar orang-orang lebih memerhatikan lagi makanan yang dikonsumsi supaya tetap sehat.

"Pesan aku sih jangan terlalu sering makan makanan yang mengandung MSG, atau makan junkfood (makanan siap saji) karna itu gak bagus buat kesehatan," pungkas Fauziahh.

Tapi benarkah MSG penyebab mastitis? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ladies! Berikut Kriteria Payudara Dikatakan Ideal"
[Gambas:Video 20detik]