Kamis, 03 Des 2020 08:44 WIB

Diet 'Under 1.000 Kalori' Biar Seperti K-Pop Idol? Ahli Gizi: Ngawur!

Farah Nabila - detikHealth
Diet ngawur Deretan diet ngawur menurut ahli gizi (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Viral di media sosial seorang ahli gizi memaparkan beberapa metode diet yang dianggap 'ngawur'. Ia membagikan metode diet yang tidak baik melalui sebuah video singkat.

Jenis-jenis diet yang tidak baik ini dipaparkan oleh seorang ahli gizi yang bernama Putri M.J dalam sebuah video di akun TikTok @putriemje. Dalam videonya ia menyebutkan pola diet yang tidak baik melalui tulisan dan menggunakan properti pendukung.

Dalam video yang berjudul "Jenis Diet 'Ngawur' yang Ahli Gizi Nggak Approve", Putri menyebutkan metode diet yang tidak baik dan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Video ini bertujuan untuk meluruskan persepsi tentang metode diet yang tersebar di masyarakat.

"Menurut saya wajar masih banyak orang awam yang percaya sama diet ngawur, karena banyak yang belum benar-benar paham tentang ilmu diet, dan sebenernya tujuan video tersebut dibuat untuk meluruskan presepsi diet yang salah, agar lebih gampang dipahami oleh orang awam," ujar Putri saat dihubungi detikcom, Rabu (02/12/2020).

Video tersebut telah ditonton sebanyak 70 juta pengguna TikTok. Tak sedikit netizen yang membagikan pengalamannya dalam kolom komentar.

"sad nya semua udh gua coba dan nol hasilnya wkwk," respons netizen lain.

Menurut Putri, berikut metode diet yang salah dan tidak disarankan untuk dicoba yang disampaikan dalam videonya tersebut.

1. Diet nggak makan nasi

Diet tidak makan nasi dan karbohidrat merupakan metode diet yang tidak disarankan. "bukan nasinya yg bikin gendut, tapi makan berlebihan yang membuat kalori surplus, we all need carbohydrate," tulis Putri dalam video.

2. Water fasting

Water fasting atau diet air putih adalah metode diet yang dilakukan hanya mengonsumsi air putih tanpa mengonsumsi makanan dan minuman lainnya. Menurut Putri diet ini akan menyebabkan beberapa penyakit seperti hipotensi, hipoglikemia, pusing, lemah, letih, lesu hingga malnutrisi.

3. Diet teh detox

Dalam videonya Putri menjelaskan bahwa teh detox bersifat laxative dan diuretik. Hal ini membuat frekuensi BAB (buang air besar) dan BAK (buang air kecil) meningkat dan menyebabkan risiko dehidrasi.

"Angka timbangan turun karena cairan tubuh hilang," tulisnya.

4. Diet nggak mau makan

Diet tidak makan atau melewatkan jam makan merupakan metode diet yang tidak baik. Putri mengatakan metode diet ini dapat mengganggu keseimbangan gula darah dan kesehatan lambung. Selain itu metode diet ini akan memicu overeating atau makan berlebihan pada jam makan berikutnya.

5. Diet di bawah 1.000 kkal

"Diet under 1.000 kkal biar kayak K-Pop idol," tulis Putri dalam videonya. Metode diet di bawah 1.000 kkal merupakan kebutuhan untuk balita bukan untuk kebutuhan remaja atau dewasa. Putri mengatakan metode ini dapat membuat malnutrisi, memperlambat metabolisme dan berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Kecoa"
[Gambas:Video 20detik]