Sabtu, 05 Des 2020 16:48 WIB

Mahasiswa Magister FKG UI Adakan Penyuluhan PHBS Daring untuk Cegah COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mahasiswa Magister FKG UI Adakan Penyuluhan PHBS Daring untuk Cegah COVID-19 Foto: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia
Jakarta -

Mahasiswa Magister Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), menggelar penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk pertama kalinya secara daring guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

Program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan aksi UI mengabdi untuk negeri yang diadakan oleh Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Dasar yang rutin diadakan setiap tahunnya. Penyuluhan dilakukan secara daring mengingat resiko penularan COVID-19 di masa pandemi ini.

"PHBS merupakan salah satu senjata untuk menekan penyebaran Covid-19, sehingga tema PHBS pada kegiatan ini sangat relevan dan dibutuhkan di era pandemi seperti sekarang ini," kata Sunarso, Ssi, MSc, PhD selaku Kepala Program Studi Magister FKG UI sekaligus penanggung jawab acara, dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (5/12/2020).

Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 November dan 2-3 Desember 2020, dengan peserta guru dan siswa kelas 2-5 dari SD Islam At-Taqwa Jakarta Timur.

Materi penyuluhan mengenai PHBS diantaranya mencuci tangan, berolahraga teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, membersihkan lingkungan, dan tidak merokok. Selain itu peserta juga diberikan materi kesehatan gigi dan mulut seperti cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Materi pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 juga tidak lupa disampaikan. Sebelum dan sesudah kegiatan peserta diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta. Penyampaian materi disesuaikan dengan siswa menggunakan video interaktif disertai lagu agar materi mudah dipahami.

"Setelah kegiatan ini berlangsung diharapkan ada peningkatan pengetahuan dan kesadaran mengenai PHBS yang kedepannya akan tercipta kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat, sehingga terbentuk komunitas yang sehat, bersih dan produktif, " ungkap Sunarso.

Mengingat manfaatnya yang besar PHBS sangat penting untuk dilakukan setiap saat dan dimana saja, tidak hanya pada saat pandemi seperti ini. PHBS seharusnya sudah menjadi gaya hidup di masyarakat. Kesadaran dan pengetahuan mengenai PHBS harus terus ditingkatkan mengingat semakin banyak resiko kesehatan yang dapat terjadi apabila tidak mengindahkan PHBS.



Simak Video "Survei FKM UI: 92% Warga Jakarta yang Kena COVID-19 Tidak Terdeteksi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)