Minggu, 06 Des 2020 06:00 WIB

Catat! Ini 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Thalita Yuristiana - detikHealth
Tragis! 5 Orang Ini Meninggal Usai Minum Kopi Minum kopi di pagi hari ternyata ada manfaatnya loh. (Foto: Getty Images/iStockphoto/TiSanti)
Jakarta -

Salah satu kebiasan yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika pagi hari yaitu meminum kopi hangat. Kopi dipercaya ampuh untuk membangkitkan semangat, memunculkan energi positif dan membuat seseorang terjaga sehingga siap menjalani hari.

Tak hanya itu, kopi juga memiliki berbagai macam manfaat yang bukan sekedar isapan jempol. Berbagai penelitian membuktikan manfaat minum kopi pada pagi hari. Kopi kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat baik tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin.

Dikutip dari Healthline, berikut 9 manfaat minum kopi di pagi hari.

1. Ampuh membakar lemak

Kafein yang terkandung dalam kopi berkhasiat untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kafein dapat merangsang pemecahan lemak. Penelitian menemukan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan efektif untuk membakar lemak sebanyak 3-11 persen.

Pada penelitian lain ditemukan bahwa efek pembakaran lemak oleh kafein ini lebih efektif pada orang kurus dibandingkan orang gemuk. Biji kopi juga mengandung senyawa yang bernama klorogenat. Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukan bahwa senyawa ini dapat menurunkan berat badan seseorang.

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lain meminum kopi pada pagi hari yang tak kalah menakjubkan adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat stimultan. Sehingga, minum kopi pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari daya ingat, kewaspadaan, kemampuan merespons sesuatu hingga meningkatkan fokus seseorang.


3. Penambah stamina dan performa fisik

Studi menunjukan bahwa minum kopi pada pagi hari juga ampuh untuk meningkatkan stamina dan performa fisik sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas. Minum kopi dapat meningkatkan kapasitas fisik sampai 12 persen.

Sifat stimultan pada kafein membantu meningkatkan adrenalin dalam darah sehingga tubuh lebih bersemangat untuk beraktivitas. Tak hanya itu, karena kopi memecah lemak, tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar melakukan metabolisme tubuh. Efeknya tubuh akan menghasilkan lebih banyak stamina untuk beraktivitas.

4. Mencegah alzheimer dan parkinson

Penyakit yang kerap melanda orang tua yang berusia di atas 65 tahun adalah alzheimer dan parkinson yang merupakan penyakit saraf degeneratif. Alzheimer merupakan penyakit penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara serta perubahan perilaku secara bertahap. Sedangkan parkinson adalah penyakit kerusakan sel saraf pusat.

Kedua penyakit ini masih belum memiliki obat untuk menyembuhkannya. Namun, penyakit tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan sehat, rajin berolahraga dan minum kopi.

Studi membuktikan bahwa orang yang rajin minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah terkena alzheimer sebesar 65 persen dibandingkan mereka yang buka peminum kopi. Dalam studi lain ditemukan bahwa orang yang rutin meminum kopi berisiko lebih rendah 32-60 persen terkena parkinson dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]