Jumat, 04 Des 2020 05:00 WIB

12 Obat Tradisional Asam Lambung yang Mudah Ditemukan di Dapur

Tim detikcom - detikHealth
Stomach pain, profile side view portrait of unhappy sad young girl in blue striped t-shirt and pigtail hair standing and feeling pain on her stomach. indoor studio shot isolated on green background. Foto: iStock/12 Obat Tradisional Asam Lambung yang Mudah Ditemukan di Dapur
Jakarta -

Asam lambung adalah ketika ada sekresi asam berlebih di kelenjar lambung dan menghasilkan gas, bau mulut, sakit perut, serta gejala lainnya.

Hal ini memicu reaksi tidak menyenangkan yang juga sering membuat Anda merasa perut perih. Pasti tidak ada yang suka kala mengalaminya.

Menurut ahli gizi Anshul Jaibharat dari New Delhi seperti dilansir Food NDTV, asam lambung dapat disebabkan karena jarak waktu makan yang lama, perut kosong, atau asupan teh, kopi, merokok, atau alkohol yang berlebihan.

Ketika sekresi asam lebih dari biasanya, kita mengalami mulas atau acid reflux atau GERD (penyakit gastroesophageal reflux), yang biasanya dipicu saat kita makan makanan berat atau makanan pedas.

Asam lambung cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, kita sering menggunakan berbagai pengobatan.

Berikut obat tradisional asam lambung dikutip dari sumber yang sama:


1. Daun Kemangi

Sifat menenangkan dari daun kemangi dapat memberi Anda bantuan instan dari asam lambung.

Saat muncul gas pertama, makan beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Sering-sering juga untuk menghirup daun kemangi. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.

2. Adas

biji adasbiji adas Foto: Thinkstock

Anshul Jaibharat juga menyarankan, Anda bisa minum teh adas setelah makan, untuk mencegah asam lambung. Karena banyak manfaat pencernaan dan adas membantu pencernaan menjadi lancar.

Teh adas juga dianggap sangat berguna untuk membantu gangguan pencernaan dan kembung karena minyak yang ditemukan dalam biji Adas tersebut.

Hal ini disampaikan Shilpa Arora ND, seorang Praktisi Kesehatan, Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik bersertifikat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3