Sabtu, 28 Nov 2020 06:50 WIB

Perut Sebelah Kiri Sakit? Ini Fakta-fakta dan Penyebabnya

Kanya Anindita - detikHealth
Sakit perut Perut sebelah kiri sakit, kenapa ya? (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Jika perut sebelah kiri sakit, sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan dan dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari. Sisi kiri bawah perut adalah tempat bagi bagian terakhir usus besar, dan bagi beberapa wanita sebagai tempat ovarium kiri

Divertikulitis adalah salah satu penyebab paling umum perut sebelah kiri sakit. Divertikula adalah kantong kecil yang terbentuk dari tekanan pada titik lemah di usus besar. Saat kantong robek, bengkak dan infeksi dapat menyebabkan divertikulitis.

Dikutip dari Healthline, berikut 4 penyebab lainnya ketika perut sebelah kiri sakit:

1. Gangguan pencernaan

Perut sebelah kiri sakit bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan. Asam ini dapat mengiritasi kerongkongan, lambung, atau usus, dan sering terjadi sehabis makan.

2. Munculnya hernia

Hernia adalah hasil dari organ internal atau bagian tubuh lain yang mendorong melalui otot atau jaringan di sekitarnya, dan bisa menyebabkan perut sebelah kiri sakit. Benjolan atau tonjolan mungkin muncul dengan beberapa hernia di perut atau selangkangan.

Penyebab spesifiknya tergantung pada jenis hernia. Jika hernia semakin serius, perlu dikonsultasikan dengan dokter.

3. Batu ginjal

Perut sebelah kiri sakit juga bisa disebabkan oleh batu ginjal. Penyakit ini mulai menimbulkan masalah saat bergerak di dalam ginjal atau ke ureter, saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih.

Batu tersebut kemudian dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di bagian samping dan punggung, di bawah tulang rusuk. Beberapa gejala batu ginjal, seperti urin yang berwarna merah muda, merah, coklat, keruh, dan bau, serta buang air kecil yang menyakitkan atau terjadi lebih sering.

4. Cacar air

Penyebab lain perut sebelah kiri sakit adalah cacar air. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster yang mendiami tubuh Anda.

Infeksi herpes zoster dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan yang tampak seperti garis lecet yang membungkus satu sisi tubuh. Terkadang ruam muncul di leher atau wajah.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)