Senin, 07 Des 2020 21:01 WIB

3 Obat Alami untuk Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Cara alami mengatasi mastitis (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)
Jakarta -

Mastitis atau yang dikenal juga dengan infeksi payudara adalah kondisi yang cukup sering dialami oleh ibu menyusui. Kondisi ini memicu pembengkakan yang disertai rasa sakit.

Mastitis merupakan masalah yang mempengaruhi hingga 20 persen ibu menyusui. Biasanya terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan.

Pada umumnya, kondisi ini terjadi akibat masuknya bakteri atau mikroorganisme ke dalam tubuh ibu. Jika dibiarkan, bakteri atau mikroorganisme tersebut dapat membuat puting pecah-pecah dan menimbulkan infeksi. Kondisi ini juga dapat disebabkan saluran susu yang terhalang.

Untuk mengatasinya, ibu menyusui dapat ke dokter untuk mendapatkan antibiotik. Tak perlu khawatir, pengobatan ini aman dan sudah menyesuaikan kondisi ibu menyusui.

"Dengan perawatan yang cepat, ibu akan merasa lebih baik dalam waktu 48 jam," ujar Donna Murray, perawat anak bersertifikat, dikutip dari Very Well Family.

Selain dengan obat, ibu menyusui juga dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk meringankan sakit dan peradangan di payudara akibat mastitis.

Berikut ini 3 obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi mastitis pada ibu menyusui dikutip dari Healthline.

1. Daun kol

Daun kol memiliki senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi jika diaplikasikan ke payudara. Dalam sebuah studi menemukan bahwa daun kol dingin sama efektifnya dengan kompres hangat untuk mengatasi pembengkakan payudara.

Cara untuk mengaplikasi daun kol ini juga cukup mudah. Pertama, pastikan daun kol sudah dibersihkan dan dinginkan dalam kulkas. Setelah itu, potong daun menyesuaikan bentuk payudara. Setelah itu, tutupi payudara dengan daun kol yang telah dipotong tersebut kecuali bagian puting. Diamkan selama 20 menit sampai sensasi dinginnya menghilang.

Jika sudah, cuci payudara dengan air bersih dan keringkan perlahan. Lakukan secara berulang selama tiga kali sehari dengan masing-masing durasi 20 menit. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan daun kol yang telah terpakai sebelumnya.

Selain daun kol, minyak esensial juga bisa dicoba untuk mengatasi mastitis. Bagaimana caranya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)