Rabu, 09 Des 2020 05:26 WIB

Wabah Misterius Landa India, 300 Terinfeksi, 1 Tewas, Ini Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Close up hand of elderly patient with intravenous catheter for injection plug in hand during lying in hospital ward room Penyakit misterius di India (Foto: iStock)
Jakarta -

Baru-baru ini, ratusan orang dilaporkan terinfeksi dari penyakit 'misterius' di India. Hingga kini ada lebih dari 300 orang yang dinyatakan terinfeksi karena penyakit tersebut dan 1 orang meninggal dunia.

Dikutip dari New York Post, ratusan orang tersebut berakhir dirawat di RS. Namun, 180 orang di antaranya kondisinya membaik dan cukup sehat untuk pulang dari RS pada Senin kemarin.

Wabah penyakit tak dikenal ini melanda Eluru, India. Apa saja gejala yang dirasakan pasien-pasien tersebut?

  • Epilepsi, kejang
  • Kehilangan kesadaran
  • Mual dan muntah

Meski angka kasus positif Corona cukup tinggi di India, seluruh pasien yang terinfeksi penyakit ini dinyatakan negatif COVID-19. Selain itu, tes darah yang dilakukan sejauh ini tak menemukan bukti adanya infeksi virus lain seperti demam berdarah atau chikungunya.

"Setidaknya satu orang telah meninggal dan lebih dari 200 lainnya telah dirawat di rumah sakit karena penyakit misterius di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan," menurut laporan setempat.

Bagaimana awal mulanya?

Penyakit misterius ini awalnya terdeteksi Sabtu malam di Eluru, Andhra Pradesh, India, pasien ditemukan mengalami gejala mual hingga kehilangan kesadaran. Salah satu pasien berusia 45 tahun dirawat di RS dengan mengidap gejala yang mirip epilepsi dan mengeluh gejala mual, meninggal dunia pada Minggu malam, demikian lapor kantor berita Press Trust of India.

Dikutip dari CNN, pasien yang meninggal dunia disebut karena serangan jantung, para pejabat mengatakan kematian tersebut tampaknya tidak terkait dengan penyakit tak dikenal ini.

Awalnya, petugas mencurigai adanya kontaminasi air, karena semua pasien ditemukan memiliki sumber air yang sama. Namun, pejabat setempat mengesampingkan kemungkinan tersebut.

"Kami mengesampingkan pencemaran air atau polusi udara sebagai penyebabnya setelah petugas mengunjungi daerah-daerah di mana orang jatuh sakit," kata Menteri Kesehatan negara bagian Andhra Pradesh.

"Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu," jelasnya.

"Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluh matanya terbakar," kata seorang pejabat di Rumah Sakit Pemerintah Eluru mengatakan kepada surat kabar Indian Express.

"Beberapa dari mereka pingsan atau mengidap serangan jantung," tambah pejabat itu.

Jaganmohan Reddy, kepala menteri negara bagian setempat, mengatakan para ahli medis sedang dikirim ke Eluru untuk menyelidiki penyebab penyakit tersebut, demikian lapor BBC.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)