Rabu, 09 Des 2020 08:01 WIB

Alat Kontrasepsi Menembus Rahim, Wanita Ini Berakhir Amnesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Gara-gara alat kontrasepsi menembus rahim, wanita ini berakhir amnesia. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kisah pilu datang dari seorang ibu yang mengalami sakit punggung dan kehilangan ingatan usai alat kontrasepsi yang dipakai 'menembus' rahimnya. Adalah Trudy Truesdale, wanita 40 tahun yang semula merasa nyeri parah di bagian punggung.

Kala itu, ia sampai tidak bisa menggendong bayinya karena rasa sakit di punggung tak kunjung hilang. Ia mengaku bermasalah saat memasangkan IUD, alat kontrasepsi berukuran kecil.

Setelahnya, ia disebut kehilangan ingatan atau amnesia dan mengidap anemia usai mengalami pendarahan. Saat dibawa ke dokter, alat kontrasepsi IUD yang dipasang Trudy rupanya tak berada di rahim.

Sang dokter lantas langsung menjalani operasi selama 2 jam untuk melepaskan alat kontrasepsi yang ternyata telah menembus dinding rahim Trudy dan masuk ke kandung kemihnya. Selain mengalami pendarahan hebat akibat kondisi ini, ia juga merasa nyeri yang luar biasa hingga berat badannya ikut turun drastis.

"Saya menjadi anemia karena saya kehilangan begitu banyak darah, saya kekurangan zat besi dan saya mulai kehilangan ingatan," curhatnya, dikutip dari The Sun.

"Saya depresi dan sakit punggung bagian bawah dengan masalah ISK sampai-sampai saya tidak bisa menggendong bayi saya. Saya merasa seperti terjatuh sepanjang waktu," keluhnya lagi.

Akibat kondisi yang diidapnya, wanita asal Norwegia ini mengaku trauma dengan alat kontrasepsi. Ia berpesan agar wanita lain selalu berhati-hati dengan alat kontrasepsi dan sebisa mungkin memikirkan dampaknya seperti yang Trady alami.

Ia menyebut tidak bisa menggunakan pil KB kala itu lantaran alasan kesehatan. Namun, kondisi ingatannya kini sudah berangsur membaik meski kadang masih mengalami pendarahan.

"Kepercayaan diri saya sangat buruk dan sekarang saya memiliki bekas luka," tuturnya.



Simak Video "Awas! Wanita Rentan Terkena Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)