Rabu, 09 Des 2020 20:21 WIB

Organ Tubuh Manusia yang Vital Beserta Fungsinya

Lusiana Mustinda - detikHealth
Male and female doctor looking at lungs x-ray in hospital during covid19 pandemic Foto: Getty Images/bojanstory
Jakarta -

Organ tubuh manusia adalah kumpulan jaringan yang bekerja bersama untuk tujuan bersama. "Setiap organ menyediakan fungsi dan kinerja atau kelangsungan hidup manusia," tutur Lisa M.J. Lee, seorang kandidat profesor di Departemen Cell & Biology di University of Colorado School of Medicine, Amerika Serikat.

Akan tetapi hanya lima organ yaitu otak, jantung, liver, ginjal dan paru-paru yang diperlukan untuk bertahan hidup. Kehilangan fungsi total dari salah satu organ vital tersebut berarti akan terjadi kematian. Hebatnya, tubuh manusia dapat bertahan hidup tanpa banyak organ lain atau dengan mengganti organ yang tidak berfungsi dengan alat kesehatan.

Diantara ahli anatomi, ada pandangan yang berbeda tentang organ tubuh manusia. Seorang ahli histologi seperti Lee yang mempelajari jaringan pada tingkat mikroskopis mungkin memiliki daftar organ yang lebih panjang daripada anatomi kasar yang mempelajari apa yang terlihat dengan mata telanjang.

Organ tubuh manusia yang vital:

1. Otak


Organ tubuh manusia yang vital pertama adalah otak. Otak adalah pusat kendali sistem saraf dan terletak di dalam tengkorak. Otak berfungsi sebagai alat kontrol dan koordinasi otot, penerimaan dan integrasi sensorik, produksi, ucapan, penyimpanan memori dan penjabaran pikiran dan emosi.

Otak yang mengalami penurunan fungsi dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti alzheimer, parkinson, demensia frontotemporal dan penyakit huntington. Penyakit degeneratif tersebut dapat membuat penderitanya kehilangan kemandirian total dan rentan mengalami gangguan emosional.

2. Jantung


Jantung adalah organ berongga dan berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi ritmis yang berulang. Organ jantung juga berperan penting dalam sistem peredaran darah yang membantu mengantarkan darah ke seluruh tubuh.

Jantung juga memiliki sistem impuls agar berdetak dengan irama dan kecepatan yang konsisten. Saat terjadi penurunan fungsi, jika kondisi ini tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi seperti gagal jantung, stroke, aneurisma, henti jantung hingga kematian.

3. Liver


Liver atau hati yang terletak di sisi kanan rongga perut di bawah diafragma. Liver berfungsi untuk mengolah kandungan darah untuk memastikan komposisinya tetap sama. Proses ini melibatkan penguraian lemak, produksi urea, penyaringan zat berbahaya dan menjaga tingkat glukosa darah.

Ketika liver tidak berfungsi sempurna, kemampuan tubuh untuk menghilangkan racun, menyaring darah dan mengubah nutrisi pun terganggu.

4. Ginjal


Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang yang terletak di bagian belakang rongga perut, satu di setiap sisi tulang belakang. Fungsinya adalah untuk menjaga keseimbangan kimiawi tubuh dengan mengeluarkan produk limbah dan kelebihan cairan dalam bentuk urine.

Jika fungsi ginjal terganggu, maka sampah pada darah tidak bisa dibuat dan akan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit serius.

5. Paru-paru


Paru-paru adalah dua struktur berbentuk kerucut seperti spons yang mengisi sebagian besar rongga dada. Fungsi esensial paru-paru adalah untuk menyediakan oksigen dari udara yang dihirup ke aliran darah untuk menghembuskan karbon dioksida.

Jika terjadi kerusakan pada satu bagian paru-paru, manusia masih dapat melangsungkan hidup. Akan tetapi manusia tidak dapat bertahan jika hanya dengan satu organ paru-paru. Penurunan fungsi dari organ tubuh manusia yakni paru-paru bisa sangat membahayakan nyawa.



Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)