Kamis, 10 Des 2020 10:08 WIB

Cerita Penyintas COVID-19 Lacak 116 Tenaga Medis yang Selamatkan Nyawanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Jeff Gerson Seorang penyintas COVID-19 melacak 116 tenaga medis yang telah menyelamatkan nyawanya untuk berterima kasih. (Foto: CNN)
Jakarta -

Jeff Gerson (45) dari Manhattan, Amerika Serikat, pada tanggal 18 Mei lalu tiba di Rumah Sakit (RS) NYU Langone Tisch dengan kondisi sudah mengalami sesak napas parah dan batuk-batuk yang tak terkendali. Ia didiagnosis positif COVID-19 dan langsung dipasangkan ventilator.

Setelah sebulan dalam kondisi koma, perlahan kondisi Jeff membaik. Ia mengaku hal pertama yang terpikirkan adalah rasa syukur luar biasa dan terima kasih pada para tenaga medis yang sudah merawatnya.

"Saya benar-benar merasa bersyukur dan beruntung," kata Jeff seperti dikutip dari CNN, Kamis (10/12/2020).

"Orang-orang ini menyelamatkan nyawa saya. Saya merasa ada dorongan kuat untuk mencari mereka, mengetahui nama mereka, dan mengucapkan terima kasih langsung," lanjutnya.

Jeff menghabiskan waktu lima bulan melacak satu-satu 116 tenaga medis yang telah merawatnya. Jeff kemudian menulis surat untuk dokter, perawat, terapis, dan tenaga medis lain.

"Bila Anda menerima surat ini, artinya saya mengetahui bahwa Anda turut berperan dalam menyelamatkan nyawa saya... Lewat usaha keras saya menemukan nama Anda dan menyadari bahwa ternyata ada banyak orang yang telah merawat saya," tulis Jeff dalam surat.

Spesialis paru-paru RS NYU Langone Tisch, dr Luis Angel, berkomentar bahwa kala itu kondisi Jeff sudah gawat. dr Luis menerima ucapan terima kasih Jeff dan mengaku merasa dihargai.

"Tapi pada akhirnya kami tidak merawat orang-orang untuk rasa terima kasih atau semacamnya," kata dr Luis mengingatkan itu sudah jadi tugas tenaga medis.

Pada akhirnya hanya ada satu orang yang tidak bisa dikontak oleh Jeff, dokter bernama Sydney Mehl. Sang dokter diketahui meninggal karena COVID-19 saat merawat pasien.



Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)