Jumat, 11 Des 2020 07:05 WIB

Selain Vaksinasi, Apa yang Bisa Bikin Daya Tahan Tubuh Kuat?

Content Promotion - detikHealth
olahraga Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat menjadi hal yang penting di masa pandemi COVID-19 di akhir tahun ini. Selain dapat terhindar dari virus, hal itu juga membuat tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Dilansir dari Healthline, selain vaksinasi ternyata ada banyak kebiasaan harian yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini. Kebiasaan ini bisa dilakukan setiap hari dengan mudah, berikut di antaranya:

1. Tidur yang Cukup

Tidur dan kekebalan tubuh sangat erat kaitannya. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami Anda. Selain itu, Anda mungkin tidur lebih banyak saat sakit untuk memungkinkan sistem kekebalan Anda melawan penyakit dengan lebih baik.

2. Olahraga Ringan

Studi menunjukkan satu sesi olahraga sedang dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Terlebih lagi, olahraga teratur dan sedang dapat mengurangi peradangan dan membantu regenerasi sel kekebalan Anda secara teratur.

Contoh olahraga ringan termasuk jalan cepat, bersepeda teratur, jogging, berenang, dan lintas alam ringan. Kebanyakan orang harus menargetkan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu.

3. Tetap Terhidrasi

Hidrasi tidak selalu melindungi Anda dari kuman dan virus, tetapi mencegah dehidrasi penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, serta fungsi jantung dan ginjal Anda.

Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum cukup cairan setiap hari untuk membuat urin Anda berwarna kuning pucat. Air dianjurkan karena bebas kalori, aditif, dan gula. Meskipun teh dan jus juga menghidrasi, sebaiknya batasi asupan jus buah dan teh manis karena kandungan gulanya yang tinggi.

4. Kelola Tingkat Stres

Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Stres jangka panjang meningkatkan peradangan, serta ketidakseimbangan fungsi sel kekebalan. Secara khusus, stres psikologis yang berkepanjangan dapat menekan respons imun pada anak.

Aktivitas yang dapat membantu Anda mengelola stres termasuk meditasi, olahraga, jurnal, yoga, dan praktik kesadaran lainnya. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menemui konselor atau terapis berlisensi, baik secara virtual maupun secara langsung.

Sebagai catatan tambahan, selain jaga jarak yang harus diutamakan, tidak ada suplemen atau modifikasi gaya hidup sehat yang benar-benar melindungi langsung dari perkembangan virus COVID-19. Informasi yang diuraikan di atas hanya untuk meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, tetapi tidak melindungi secara khusus terhadap COVID-19.

Samco FarmaSamco Farma Foto: Samco Farma

Namun, jika ingin tetap mengonsumsi suplemen vitamin C Anda bisa memilih Samcorbex yang mengandung vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh.
Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim penyakit ini. Selain itu, ada Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(ads/ads)