Jumat, 11 Des 2020 12:44 WIB

Fakta di Balik 6 Relawan Meninggal Saat Uji Klinis Vaksin COVID-19 Pfizer

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Foto: BBC World
Jakarta -

Heboh di media sosial soal meninggalnya 6 relawan dalam uji coba vaksin COVID-19 Pfizer tahap akhir. Vaksin COVID-19 Pfizer diketahui memiliki efektivitas lebih dari 90 persen dan mendapat rekomendasi emergency use of authorization (EUA) dari BPOM AS.

Hoax yang beredar menyebutkan, vaksin Corona Pfizer memanipulasi data dan suntikan yang diberikan diklaim seperti racun. Informasi keliru ini dibagikan dalam laman akun Facebook Timothy Webster pada Kamis (10/12/2020) kemarin, dan tak sedikit yang menyukai postingan tersebut.

"Enam orang tewas dalam uji coba tahap akhir vaksin COVID-19 #vaksin Pfizer, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah mengungkapkan hanya beberapa jam setelah Inggris menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan vaksin. (4 dari 6 meninggal karena injeksi plasebo, mengapa #Pfizer harus menggunakan #plasebo yang mematikan, selain memanipulasi data dengan mencoba mengurangi munculnya badai sitokin yang diinduksi dari racun yang disuntikkan dibandingkan dengan kontras miring dengan racun yang bahkan lebih mematikan!?),"demikian informasi hoax yang beredar.

Bagaimana fakta di balik hoax kematian 6 orang beberapa jam usai menerima vaksin Corona Pfizer?

BPOM AS (FDA) menyebut kematian 6 orang tersebut tidak berkaitan dengan masalah keamanan vaksin Corona Pfizer. Hanya ada dua orang yang menerima vaksin dan empat lainnya menerima plasebo.

"Ada total enam kematian dalam percobaan 44.000 orang, dengan dua kematian di antara mereka yang mendapat vaksin dan sisanya pada mereka yang menerima plasebo, dokumen menunjukkan. Tetapi semua kematian merupakan peristiwa yang terjadi pada populasi umum pada tingkat yang sama," kata staf FDA, dikutip dari Reuters.

Bagaimana dengan fakta di balik plasebo yang diberikan diklaim mematikan dan beracun? Orang yang menerima vaksin COVID-19 pertama di Inggris juga dikabarkan tengah kritis, simak juga terkait detail data kematian relawan di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]