Kamis, 10 Des 2020 11:30 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Positif Corona, Ini Gejala COVID-19 yang Kerap Tak Disadari

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur Ustaz Yusuf Mansur. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur positif Corona, kabar ini ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya. Ia pun meminta didoakan agar segera pulih dari COVID-19.

"Alhamdulillaah. segala puji bagi Allah. saya dan fadhil, sementara positif COVID. bismillaah," tulis Ustaz Yusuf Mansur di akun @yusufmansurnew, Kamis (10/12/2020).

Ustaz Yusuf Mansur pun meminta doa dan berterima kasih kepada pengikutnya yang telah mendoakan agar ia cepat pulih dari COVID-19. "Mksh atas segala doanya. insyaaAllah nanti Allah kembalikan lagi immun dan kesehatannya, dan kemudian swab lagi, negatif. aaamiin," ungkapnya.

Tanda dan gejala COVID-19 kerap kali sulit dibedakan dengan penyakit lainnya. Bahkan salah satu gejalanya seperti kelelahan, sering dirasakan banyak orang sehari-hari.

Hal ini membuat seseorang lantas tak sadar kalau dirinya pernah terinfeksi COVID-19. Ada 5 tanda dan gejala COVID-19 yang seringnya tidak disadari, dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Kelelahan

Sering merasa kelelahan umumnya dikaitkan dengan beban kerja seharian, tetapi orang yang merasa sangat letih selama seminggu berturut-turut perlu waspada. Bisa jadi kamu sudah terinfeksi COVID-19, ada lebih dari 60 persen orang yang mengeluhkan gejala COVID-19 kelelahan.

2. Sakit tenggorokan

Begitu pula dengan sakit tenggorokan, gejala COVID-19 satu ini kerap dikaitkan dengan radang atau masalah lainnya. Tetapi saat suara terdengar parau karena sakit tenggorokan, bisa jadi pertanda gejala COVID-19.

Lain halnya dengan suara yang parau karena kelelahan, hal tersebut umumnya disebabkan karena kelelahan atau sedang flu.

3. Kehilangan kemampuan pada indra penciuman dan perasa

Tanda dan gejala COVID-19 lain yang umum adalah kemampuan indra penciuman dan perasa. Jika seseorang pernah mengalami hal ini, segera isolasi diri dan menjalani tes COVID-19 untuk memastikan terinfeksi atau tidak.

4. Sakit kepala

Gejala COVID-19 lainnya yaitu sakit kepala sering ditemui pada beberapa kondisi. Namun, sakit kepala karena COVID-19 diidentifikasi peneliti muncul dengan rasa berdenyut-denyut.

Studi dalam jurnal Annals of Clinical and Translational Neurology juga menemukan hampir 38 persen pasien mengalami gejala COVID-19 sakit kepala di awal infeksi.

Gejala ini merupakan salah satu tanda yang tidak disadari. Sebab seseorang mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala akibat COVID-19.

5. Masalah gastroenteritis

Saat tubuh terinfeksi COVID-19 tanda yang bisa terjadi adalah diare dan muntah. Meskipun hanya dialami sebanyak 4 persen pasien, seseorang perlu melakukan tes COVID-19 jika kondisi itu muncul disertai batuk, sesak napas, dan suhu tubuh yang tinggi.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)