Jumat, 11 Des 2020 15:49 WIB

Remehkan Protokol COVID-19 di Medsos, Nakes Ini Dirumahkan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background Ilustrasi virus Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000)
Jakarta -

Seorang perawat di Oregon, Amerika Serikat harus pasrah dirumahkan setelah video TikTok miliknya viral. Dalam videonya, ia mengejek dan bersikap tidak peduli terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Wanita bernama Ashley Gramers bekerja sebagai perawat onkologi di Salem Health. Di videonya yang diposting pada 27 November lalu, ia menggunakan scrub dan stetoskop khas perawat dan menuliskan beberapa kalimat terkait protokol kesehatan yang tidak ia jalankan.

"Saat rekan kerja saya tahu saya masih bepergian, tidak menggunakan masker saat keluar dan membiarkan anak-anak saya bermain," tulisnya sembari menunjukkan ekspresi dalam video tersebut yang dikutip dari Metro UK.

Video yang dibuat Gramers di ruang istirahat rumah sakit ini pun viral setelah pengguna TikTok lainnya menduetkan videonya. Tetapi, saat itu video asli yang ada di akun Gramers pun telah dihapus.

Gramers juga diketahui bukan termasuk perawat baru. Ia sudah terdaftar sebagai perawat sejak tahun 2015 lalu dan sebelumnya bekerja sebagai asisten Asisten Perawat Bersertifikat (CNA) selama lima tahun.

Menanggapi hal ini, pihak Salem Health mengatakan bahwa wanita yang membuat video tersebut memang salah satu perawatnya.

"Salem Health percaya kita semua harus melakukan bagian kita untuk melindungi yang rentan dan menghentikan penyebaran COVID-19 yang cepat," ujar juru bicara Salem Health.

"Ini termasuk mewajibkan staf, pasien, dan pengunjung untuk mengikuti panduan dari CDC dan lainnya tentang penggunaan masker dan jarak sosial. Pandemi COVID-19 Ini adalah hal serius dan membutuhkan tanggapan yang serius. Dan Salem Health sangat serius menanggapi COVID-19 ini," tegasnya.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)