Jumat, 11 Des 2020 18:15 WIB

Kisah-kisah Dramatis Program Bayi Tabung, Ada yang Embrionya Tertukar

Kanya Anindita - detikHealth
bayi di dalam inkubator Beragam kisah bayi tabung (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bagi para pasutri yang lama tak memiliki momongan, mereka bisa mencoba program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF). Meskipun biaya yang dikeluarkan tak sedikit, metode ini bisa dijadikan solusi agar segera memiliki anak.

Program bayi tabung menjadi teknologi reproduksi berbantu (TRB) dengan cara mengawinkan sperma dalam jumlah tertentu dengan sel telur. Hasil perkawinan ini akan diletakkan dalam sebuah cawan dan banyak metode bayi tabung yang berhasil hingga sukses melahirkan.

Ada beberapa kisah unik mengenai program bayi tabung, termasuk kasus embrio tertukar hingga mendapat anak kembar delapan. Bagaimana kisahnya?

1. Embrio tertukar

Menikah sejak 2012 dan belum memiliki momongan, pasutri berinisial AP dan YZ memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung di sebuah klinik kesuburan. Proses bayi tabung berjalan lancar hingga sang istri yang keturunan Asia berhasil mengandung anak kembar.

Namun, keanehan terjadi pasca ia melahirkan. Ternyata, AP melahirkan sepasang bayi dari pasangan lain karena pihak klinik salah memasukkan embrio ke rahimnya. Ia melahirkan dua bayi non-Asia yang masing-masing memiliki genetik pasien lain di klinik tersebut.

Pasangan asal New York ini mengajukan gugatan ke pihak klinik karena merasa telah dibohongi. Mereka sangat kecewa dan mengalami kerugian baik secara fisik maupun emosional, karena sudah cukup lama menantikan anak.

Mereka menuduh klinik tersebut melakukan malapraktek medis dan kelalaian, hingga mereka rugi Rp1,4 miliar. Tak sampai di situ, AP dan YZ dipaksa untuk menyerahkan kedua bayi mereka kepada orang tua genetik asli.

Ada juga yang mendapatkan bayi kembar 8 lewat bayi tabung. Bagaimana kisahnya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Mitos Seputar Bayi Tabung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)