Sabtu, 12 Des 2020 06:28 WIB

5 Tipe Ayah 'Toxic' di Mata Anak Perempuan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Japanese girl crying Tipe-tipe ayah toxic (Foto: iStock)
Jakarta -

Peran ayah dalam keluarga tak hanya sebagai tulang punggung, namun juga penganyom dari keluarga. Di mata anak terutama anak perempuan, ayah kerap dipandang sebagai role model dan pemimpin.

Dikutip dari laman HaiBunda, terapis keluarga dan pernikahan, Dr Gary Brown, menuturkan bahwa ketika anak telah tumbuh sampai memasuki usia sekolah membutuhkan sosok ayah baik secara psikologi, fisik, dan sosial.

Dalam hal ini anak perempuan membutuhkan ayah untuk berbicara hal yang sensitif atau untuk menanyakan pendapat terkait keputusan yang akan atau telah diambil oleh anak tersebut. Kebanyakan anak perempuan lebih nyaman berbicara hal tersebut tersebut dengan ayahnya dibandingkan dengan ibu.

"Ayah sangat memberikan pengaruh yang kuat untuk membentuk pandangan anak perempuan tentang citra diri, nilai-nilai kehidupan, hubungan dan hak anak untuk menentukan jalan hidup," jelas Brown kepada Red Book.

Namun, tidak semua ayah paham cara untuk mendidik anak perempuan. Sebaliknya, mereka justru menimbulkan dampak buruk atas pola asuh yang mereka diterapkan. Hal ini juga kerap disebut dengan tipe ayah yang 'toxic'. Faktanya, tipe ayah 'toxic' masih banyak ditemukan di kehidupan sehari hari. Berikut ini 5 kategori tipe ayah 'toxic' dalam mendidik anak perempuannya.

1. Menjaga jarak yang jauh dengan anak

Ayah yang jauh dengan anaknya sulit untuk menghadirkan kedekatan emosional dan fisik untuk si anak. Mereka cenderung sulit untuk mengekspresikan emosi dalam kondisi baik atau buruk. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kesibukan ayah sehingga tidak ada waktu untuk dekat dengan anak atau disebabkan oleh minimnya pengetahuan ayah dalam membesarkan anak perempuan.

2. Kerap menolak

Biasanya tipe ayah seperti ini kerap berperilaku kasan secara emosional. Ia kerap menolak hal apapun yang dikemukakan oleh anak tanpa mengetahui alasannya. Ayah tipe ini kerap membuat anak perempuannya merasa buruk. Selain itu, ayah tipe ini juga kerap merendahkan orang lain, baik anaknya sendiri atau istrinya.

Ayah dengan kepribadian narsis juga menjadi salah satu tanda ayah yang 'toxic'.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Yuk Mulai Hitung-hitung Kadar Kalori Camilan yang Baik Buat Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)