Sabtu, 12 Des 2020 20:01 WIB

10 Manfaat Quinoa, Makanan Kesehatan yang Lagi Viral

Tim detikcom - detikHealth
cake cokelat premiun Bakerzin Foto: Getty Images/iStockphoto/brazzo/10 Manfaat Quinoa, Makanan Kesehatan yang Lagi Viral
Jakarta -

Quinoa adalah salah satu makanan kesehatan paling populer di dunia. Beberapa artis mengonsumsi quinoa seperti Beyonce dan Baim Wong.

Quinoa bebas gluten, tinggi protein dan salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung asam amino esensial dalam jumlah yang cukup.

Makanan itu juga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan bermanfaat.

Berikut 10 manfaat quinoa dilansir Healthline:

1. Bergizi Tinggi

Quinoa telah dimakan selama ribuan tahun di Amerika Selatan. Namun makanan ini baru belakangan ini menjadi makanan viral bahkan mencapai status superfood.

Saat ini, Anda dapat menemukan produk quinoa di seluruh dunia. Terutama di toko makanan kesehatan dan restoran yang mengutamakan makanan alami.

Ada tiga tipe utama quinoa yakni putih, merah, dan hitam.

Berikut kandungan nutrisi dalam 1 cangkir (185 gram) quinoa matang:

Protein: 8 gram.
Serat: 5 gram.
Mangan: 58% dari konsumsi harian yang direkomendasikan (RDA).
Magnesium: 30% dari RDA.
Fosfor: 28% dari RDA.
Folat: 19% dari RDA.
Tembaga: 18% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).
Besi: 15% dari AKG.
Seng: 13% dari RDA.
Kalium 9% dari AKG.
Lebih dari 10% dari RDA untuk vitamin B1, B2 dan B6.
Sejumlah kecil kalsium, B3 (niasin) dan vitamin E.

Quinoa memiliki total 222 kalori, dengan 39 gram karbohidrat dan 4 gram lemak. Selain itu juga mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3.

Quinoa adalah makanan bebas gluten dan biasanya ditanam secara organik. Meskipun secara teknis bukan biji-bijian sereal, namun tetap dihitung sebagai makanan biji-bijian.

Ilmuwan NASA bahkan telah melihatnya sebagai tanaman yang cocok untuk ditanam di luar angkasa, sebagian besar berdasarkan kandungan nutrisi yang tinggi, kemudahan penggunaan dan kesederhanaan dalam menanamnya.


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan pada 2013 sebagai "Tahun Internasional Quinoa," karena nilai gizinya yang tinggi dan potensinya untuk berkontribusi pada ketahanan pangan di seluruh dunia.


2. Mengandung Senyawa Tanaman Quercetin dan Kaempferol

Efek kesehatan dari quinoa yakni melampaui vitamin dan mineral yang mungkin Anda kenal.

Ada ribuan nutrisi kecil dan itu termasuk antioksidan tanaman yang disebut flavonoid, yang telah terbukti menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Dua flavonoid yang telah dipelajari dengan sangat baik adalah quercetin dan kaempferol. Keduanya ditemukan dalam jumlah tinggi di quinoa.

Faktanya, kandungan quercetin dari quinoa bahkan lebih tinggi daripada makanan quercetin tinggi seperti cranberry.

Molekul penting ini telah terbukti memiliki efek antiinflamasi, antivirus, antikanker dan antidepresan pada penelitian pada hewan.

Dengan memasukkan quinoa ke dalam makanan Anda, Anda akan secara signifikan meningkatkan total asupan nutrisi penting ini (dan lainnya).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3