Senin, 14 Des 2020 06:53 WIB

5 Cara Jitu Agar Punya Pola BAB Teratur Tiap Pagi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Pola BAB yang teratur menandakan sistem pencernaan yang sehat (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Buang air besar (BAB) secara teratur menandakan sistem pencernaan yang sehat. Selain faktor diet dan kondisi pergerakan usus, kebiasaan juga menentukan teratur atau tidaknya jadwal BAB.

Beberapa orang punya rutinitas BAB tiap pagi atau pada waktu-waktu tertentu. Namun pada beberapa orang yang lain, munculnya hasrat BAB tidak pernah bisa diperkirakan apalagi direncanakan.

Agar terbiasa BAB secara teratur pada waktu yang tepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dirangkum dari Livestrong.

1. Kenali diet yang tepat

Beberapa jenis makanan bisa membuat BAB lebih lancar, sehingga memungkinkan untuk melakukannya secara teratur. Buah dan sayur yang kaya serat adalah nutrisi penting yang mendukung pola BAB yang lebih teratur.

2. Turuti keinginan BAB

Tidak menunda BAB saat dorongan itu muncul, akan membantu membentuk pola BAB yang normal dan alamiah. Demikian juga jika belum waktunya BAB, jangan terlalu dipaksakan. Makin lancar pola BAB, makin mudah untuk dibiasakan.

3. Bangun pagi

Hasrat ingin BAB di pagi hari terkadang diabaikan karena harus buru-buru beraktivitas. Bangun lebih pagi akan membuat pikiran lebih rileks, memberi kesempatan bagi sistem pencernaan untuk mengikuti pola alamiahnya.

4. Tidak perlu dipaksakan

Jika sudah bangun pagi tetapi belum juga merasa ingin BAB, tidak perlu dipaksakan. Berlama-lama jongkok maupun duduk di toilet juga akan berdampak buruk bagi area panggul. Ulangi saja keesokan paginya.

5. Sarapan

Karena tidak merasa lapar, seringkali seseorang memilih tidak sarapan. Jika ingin rutin BAB di pagi hari, tidak ada salahnya mencoba rutin sarapan dulu. Mengisi perut bukan hanya karena lapar, tetapi merangsang kontraksi dan pergerakan usus agar BAB lebih lancar dan teratur.



Simak Video "Ngeden Berlebihan, Bikin Stroke?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)