Selasa, 15 Des 2020 08:33 WIB

Fobia Jarum Suntik Bikin Takut Vaksinasi COVID-19, Begini Cara Mengatasinya

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi vaksin Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: istimewa)
Jakarta -

Beberapa negara saat ini telah memulai proses vaksinasi virus Corona COVID-19. Indonesia pun juga telah mendatangkan 1,2 juta vaksin COVID-19 Sinovac.

Pemerintah Indonesia disebut telah membuat peta jalan untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Namun, ada kekhawatiran lain yang timbul, bagaimana seorang yang mempunyai fobia pada jarum suntik ketika akan mendapatkan vaksin. Sebelum lebih jauh ke sana, mengapa orang bisa mengalami fobia jarum?

"Ada sejumlah alasan berbeda mengapa seseorang mungkin mengalami fobia jarum suntik," jelas dr Becky Spelman, seperti dikutip dari laman Metro.co.uk.

Ia mengatakan bahwa ketakutan itu bisa berasal dari komentar, pengalaman orang lain, atau juga pengalaman sendiri soal jarum suntik.

Sementara itu, Direktorat Konseling Joanne Greaves menambahkan, pengalaman ini terekam di otak sebagai kejadian menakutkan, meski pada kenyataannya pola pikir yang membuat hal terseebut tampak luar biasa menyeramkan.

"Ini membuat orang tersebut menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan suntikan seperti pengaturan medis, melakukan tes darah dan bahkan menonton apa pun di TV yang berhubungan dengan suntikan," kata dia.

Hal-hal tersebut memperkuat rasa takut dan membuat orang cenderung menghindari lebih banyak situasi yang berhubungan dengan berbagai kejadian yang menurutnya membuatnya cemas. Akhirnya, satu pengalaman buruk dapat membangun begitu banyak kecemasan sehingga bahkan memikirkan tentang jarum bisa menjadi pengalaman yang sangat buruk.

Becky mengatakan bahwa menggunakan terapi eksposur dapat membantu mengatasi fobia dalam hitungan jam. Dia menyarankan untuk mulai dengan menyusun daftar aktivitas yang terkait dengan jarum suntik dari yang paling menakutkan hingga tidak menakutkan.

"Jadi di hirarki paling bawah mungkin dengan melihat gambar jarum, yang kedua mungkin menonton video, yang ketiga mungkin menusuk jari Anda dengan jarum, hingga akhirnya mendapatkan suntikan," ujar Becky.

Dalam metode ini, lakukan hal yang paling tidak menakutkan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke tingkat berikutnya di mana Anda akan merasa sedikit lebih cemas. Pada akhirnya Anda dapat menangani ketakutan itu.

"Ketakutan terburuk mereka tidak menjadi kenyataan, dan mereka menyadari bahwa mereka benar-benar dapat mengatasi situasi dan kecemasan yang ditimbulkan oleh rasa takut mereka," kata dia.



Simak Video "Yang Bisa Dilakukan Usai Disuntik Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)