Rabu, 16 Des 2020 06:54 WIB

Mengejan Sampai BAB Saat Melahirkan, Normal Nggak Sih? Ini Kata Pakar

Kanya Anindita - detikHealth
In the Hospital, Close-up Shot of a Shouting Woman in Labor Pushing Hard to Give Birth. Modern Maternity Hospital with Professional Midwives. BAB karena mengejan saat melahirkan (Foto: iStock)
Jakarta -

Menunggu kelahiran buah hati memang menjadi momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan untuk para orang tua. Beberapa calon ibu biasanya mengalami kecemasan yang tinggi di menit-menit jelang persalinan.

Rasa stres dan khawatir menjelang persalinan, normal dialami oleh para calon ibu. Apalagi momen tersebut merupakan pengalaman pertama melahirkan.

Akibat perasaan takut, seringkali muncul ingin buang air besar. Ternyata, hal itu wajar jika dialami juga oleh calon ibu saat mengejan dalam proses persalinan.

"Itu terjadi sepanjang waktu, dan tidak bisa mengendalikan atau menghentikannya," kata Heather, pemilik akun TikTok @aModernMidwife yang videonya viral dan telah ditonton lebih dari 10 juta penayangan, dikutip dari HaiBunda.

Heather sempat bertanya kepada beberapa bidan di salah satu rumah sakit di Carolina Utara agar mendapatkan informasi yang lebih akurat. Bidan tersebut berkata bahwa buang air besar saat proses persalinan merupakan hal yang wajar dan pertanda calon ibu sudah mengejan dengan benar.

"Mereka menggunakan seluruh kekuatan dan seluruh dasar panggul mereka untuk mengeluarkan bayi," ungkap Christine Greves, M.D., seorang dokter obgyn di rumah sakit kesehatan Orlando, saat ditanya perihal alasan sederhana mengapa pasien mungkin buang air besar selama persalinan.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh calon ibu jika mengalami BAB saat melahirkan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Strategi Menkes Budi Tekan Angka Kematian Pada Ibu Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)