Jumat, 18 Des 2020 07:33 WIB

Penggunaan Vaksin COVID-19 Moderna Disetujui Oleh Panel AS

ayunda septiani - detikHealth
Vaksin Moderna dinyatakan aman dan efektif, selangkah lagi dapat izin penggunaan darurat di AS Foto ilustrasi vaksin Moderna. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Panel ahli Amerika Serikat (AS) pada Kamis (17/12/2020) akhirnya memberikan rekomendasi persetujuan darurat penggunaan vaksin Corona COVID-19 Moderna. Dalam sidang panel yang digelar pada Kamis (17/12/2020) waktu AS, 20 ahli memberikan dukungan terhadap penggunaan darurat vaksin Moderna dan satu suara abstain.

Sementara itu, tidak ada satu ahli pun yang menentang penggunaan vaksin tersebut. Rekomendasi dari panel ahli pun semakin membuka jalan pengiriman 6 juta dosis vaksin mulai akhir pekan ini.

Pasalnya, setelah rekomendasi tersebut keluar, Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan diharapkan segera memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) bagi vaksin Moderna. Kalau harapan dipenuhi, ini akan menjadi vaksin kedua yang disetujui di negara Barat.

Ahli epidemiologi Arnold Monto yang memimpin panel mengatakan pemungutan suara yang dihasilkan dari panel ini cukup luar biasa. Bahkan, persetujuan melebihi yang diberikan ahli saat memberikan lampu hijau terhadap penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech.

"Akademisi punya cara untuk terlibat secara detail, dan apa yang telah kami lakukan selama delapan atau sembilan jam terakhir adalah membahas detailnya," jelasnya seperti dikutip dari laman AFP, Jumat (18/12/2020).

Menurutnya rekomendasi tersebut cukup penting. Apalagi, soal pemberian rekomendasi dilakukan ketika jumlah kematian akibat virus Corona di Negeri Paman Sam semakin cepat hingga mendekati 310 ribu.

Rekomendasi juga dikeluarkan ketika AS mulai memvaksinasi petugas kesehatan dan penduduk mereka dengan vaksin Pfizer pada pekan ini.



Simak Video "Harga Vaksin COVID-19 Moderna Berkisar Rp 350 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)