Senin, 21 Des 2020 09:33 WIB

Ahli Ungkap 6 Tempat Berisiko Tinggi COVID-19 Termasuk Tempat Gym

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Negara China, Singapura, dan Jepang adalah negara yang berhasil menghadapi wabah COVID-19 dengan baik. Namun mereka harus mengantisipasi adanya gelombang kedua. Tempat-tempat yang berisiko tinggi menyebabkan penularan virus Corona. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona bisa terjadi di mana saja, terutama di tempat umum atau berkumpul. Hal ini membuat para pakar kesehatan menyarankan untuk menghindari tempat-tempat ramai dan memiliki ventilasi udara yang buruk selama pandemi.

"Cobalah untuk menghindari (tempat-tempat ini) jika bisa, tapi jika Anda tidak bisa dan terpaksa tetap keluar, pakai masker dengan cara yang benar dan pastikan tempat yang dituju tidak terlalu ramai," kata ahli biodefense, Daniel Fagbuyi.

Berikut beberapa tempat yang harus dihindari untuk meminimalisir penularan COVID-19, yang dikutip dari HuffPost.

1. Tempat pertemuan sosial

Menurut seorang yang bertugas melakukan pelacakan kontak COVID-19 Michelle Krasowski, berbagai pertemuan sosial bisa menjadi pusat penularan virus.

Secara umum, risiko penularan pada suatu perkumpulan bergantung pada kemungkinan adanya orang yang terinfeksi di dalam perkumpulan tersebut. Menurut profesor di departemen kesehatan populasi NYU dan ahli dalam pemodelan COVID-19 serta pengawas perawatan kesehatan, Anna Bershteyn, itu mungkin bisa menularkan virus pada orang lain.

"Namun, ketika kasus di suatu daerah sangat tinggi, pertemuan yang relatif kecil pun bisa berisiko signifikan untuk menyebabkan penularan virus Corona," tegas Bershteyn.

2. Restoran dan bar

Sebagian besar data pelacakan kontak yang dipublikasikan, menemukan bahwa restoran dan bar bisa menjadi pusat penularan virus COVID-19. Meski begitu, Bershteyn mengatakan mungkin tidak semua memiliki risiko yang sama.

Menurutnya, risiko penularan di kedua tempat itu bisa lebih rendah jika lokasi keduanya berada di luar ruangan yang diberikan jarak yang luas, antara satu pengunjung dengan pengunjung lainnya.

Tempat apa lagi yang berisiko tinggi menjadi tempat penularan COVID-19? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokumen Studi WHO-China soal Sumber Corona Segera Dirilis ke Publik"
[Gambas:Video 20detik]
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya