Senin, 21 Des 2020 12:23 WIB

Heboh RI Disebut Satu-satunya Pemesan Vaksin Corona Sinovac, Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Heboh kabar Indonesia jadi negara satu-satunya yang memesan vaksin Corona dari China. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Beredar kabar Indonesia menjadi negara satu-satunya yang memesan vaksin COVID-19 Sinovac. Kabar ini mengutip tabel di salah satu artikel Al Jazeera yang mencantumkan perbandingan 10 vaksin Corona.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menegaskan bahwa beberapa negara juga memesan vaksin Corona dari China, yaitu Sinovac. Di antaranya Brasil, Turki, Singapura, Chili, dan Filipina.

"Bahkan, Mesir juga sedang bernegosiasi untuk bisa memproduksi vaksin Sinovac di Mesir," jelas Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Lucia Rizka Andalusia dalam laman resmi Satgas COVID-19.

Selain menyebut Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memesan vaksin Corona Sinovac, kabar yang beredar juga menyebut vaksin Sinovac merupakan vaksin yang memberikan respons imun paling lemah. Lagi-lagi, kabar ini dibantah BPOM.

"Sampai saat ini belum ada pengumuman tingkat efikasi vaksin Sinovac baik dari pihak produsen maupun badan pengawas obat di negara tempat dilakukannya uji klinik," lanjutnya.



Simak Video "Vaksin Sputnik V dan Johnson and Johnson Kantongi Restu EUA BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)