Senin, 21 Des 2020 21:00 WIB

Hal-hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Melahirkan Normal

Kanya Anindita - detikHealth
In the Hospital, Close-up Shot of a Shouting Woman in Labor Pushing Hard to Give Birth. Modern Maternity Hospital with Professional Midwives. Ilustrasi melahirkan (Foto: iStock)
Jakarta -

Persalinan secara normal merupakan metode melahirkan tanpa diberi obat-obatan atau anestesi serta pembedahan. Kebanyakan wanita memilih untuk melahirkan secara normal karena tubuh dapat pulih lebih cepat dibandingkan melahirkan secara caesar.

Ibu yang akan melahirkan secara normal tetap membutuhkan bantuan dari tenaga medis profesional, seperti perawat atau bidan yang bersertifikat. Studi menunjukkan bahwa ibu yang mendapatkan dukungan selama persalinan dari perawat berpengalaman bisa melahirkan dengan lebih cepat dan tanpa obat-obatan.

Pada kasus tertentu, seorang ibu tidak disarankan untuk melahirkan secara normal karena kesehatan yang kurang mendukung. Adapun mereka yang bisa melahirkan secara normal biasanya masih muda dan sehat serta tekanan darah yang stabil.

Dikutip dari HaiBunda, berikut beberapa tanda pada calon ibu yang akan melahirkan secara normal:

1. Posisi janin

Antara waktu 30 hingga 34 minggu, janin akan berubah posisi di mana kepala di bawah siap untuk melahirkan. Hal ini akan terlihat bahwa posisi bayi sudah bergeser ke bawah.

2. Dorongan buang air kecil

Keinginan untuk buang air kecil akan meningkat pada calon ibu yang akan melahirkan secara normal. Alasannya karena ada tekanan dari kepala bayi yang menekan daerah panggul dan kandung kemih.

3. Sakit punggung

Ibu yang akan melahirkan secara normal akan mengalami sakit punggung di bagian bawah. Janin mulai menekan punggung bawah karena sedang memposisikan dirinya untuk masuk ke posisi kepala di bawah.

4. Keputihan meningkat

Keputihan bisa berwarna putih atau merah muda, terkadang sedikit bernoda darah. Hal ini wajar dialami oleh para ibu yang akan melahirkan secara normal.

5. Payudara nyeri

Nyeri pada payudara merupakan salah satu hal yang sering terjadi dalam persalinan normal. Saat mencapai tahap akhir, biasanya payudara menjadi terasa berat dan tidak nyaman.

6. Kontraksi

Kontraksi otot rahim bisa terjadi secara berkala. Hal ini menunjukkan bahwa ibu sudah siap untuk melahirkan.

Bagaimana proses melahirkan secara normal? Apa saja cara-cara yang bisa dilakukan oleh ibu jika ingin melahirkan secara normal?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)