Selasa, 22 Des 2020 15:48 WIB

Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes, Ini 7 Negara yang Menkesnya Bukan Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin Budi Gunawan Sadikin jadi Menkes. (Foto:Rachman Haryanto/detik.com)
Jakarta -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) santer terdengar. Salah satu posisi yang akan digantikan adalah Menteri Kesehatan yang saat ini dijabat oleh dr Terawan Agus Putranto.

Sebagai Menkes yang baru, Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menduduki posisi sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Cukup mengejutkan karena ia tak memiliki latar belakang medis sama sekali.

Selama ini, posisi Menteri Kesehatan di Indonesia didominasi kalangan dokter. Lalu apakah posisi Menkes harus bergelar dokter atau sarjana kesehatan?

Nampaknya tidak selalu. Sebab beberapa Menkes di negara-negara ini tidak memiliki latar belakang medis atau seorang dokter.

Di mana saja?

1. Belanda

Posisi Menteri Kesehatan di Belanda saat ini dijabat oleh Hugo MattheĆ¼s de Jonge. Ia menggantikan Bruno Bruins yang mengundurkan diri akibat kelelahan menangani pandemi COVID-19.

Hugo de Jonge bukanlah seorang dokter. Mengutip laman resmi pemeritah Belanda, ia belajar di Ichthus Hogeschool di Rotterdam untuk menjadi seorang guru di pendidikan dasar dan kemudian di Zwolle melanjutkan studi untuk manajemen sekolah di tahun 2004.

Sejak 2006, Hugo de Jonge bekerja di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan sebagai asisten politik. Pada 2008 ia juga pernah menjabat sebagai asisten politik Perdana Menteri Jan-Peter Balkenende di Kementerian Urusan Umum. Sejak 2008 ia bekerja sebagai pemimpin proyek dan manajer program di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan.

2. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, jabatan Menteri Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan AS dipegang oleh Alex Azar yang dilantik oleh Presiden Donald Trump di tahun 2018.

Dikutip dari laman resmi pemerintah AS, Azar lulus dengan predikat summa cum laude dengan gelar sarjana di bidang ekonomi dan pemerintahan dari Dartmouth College dan memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Yale.

3. Singapura

Gan Kim Young menjabat sebagai Menteri Kesehatan di Singapura sejak tahun 2011. Sebelum menjadi menkes, ia menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Singapura.

Gan Kim Young juga bukan seorang dokter. Ia merupakan lulusan University of Cambridge Bachelor of Arts bidang Teknik Elektro.

Thailand hingga Selandia Baru juga jabatan menkesnya tak dipegang oleh dokter. Simak di laman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menkes Optimis Target Penurunan Stunting 14% Tercapai 2024"
[Gambas:Video 20detik]