Selasa, 22 Des 2020 15:48 WIB

Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes, Ini 7 Negara yang Menkesnya Bukan Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin Budi Gunawan Sadikin jadi Menkes. (Foto:Rachman Haryanto/detik.com)

4. Thailand

Menkes Thailand dijabat oleh Anutin Charnvirakul yang berlatar belakang pendidikan bidang teknik dari Universitas Hofstra pada tahun 1989.

Ia menduduki kursi menteri di Thai Ministry of Public Health's Department of Health Service Support dari 2019 sampai sekarang.

5. Kanada

Patty Hajdu adalah Menkes Kanada yang menjabat dari tahun 2019.
Tak memiliki latar belakang medis, Hajdu justru seorang magister Bachelor of Arts dari Lakehead University dan Master di bidang Administrasi Publik dari University of Victoria.

Sebagai Menteri Kesehatan, Hajdu mengawasi Departemen Kesehatan Kanada dan Badan Kesehatan Masyarakat Kanada, badan-badan utama yang mengoordinasikan tanggapan pemerintah Kanada terhadap pandemi COVID-19 di Kanada.

6. Jerman

Jens Spahn merupakan Menkes Jerman dengan latar belakang politik. Ia menjabat sebagai Menkes sejak 2018. Spahn merupakan lulusan Ilmu Politik dan Hukum di University of Hagen.

Ia bahkan sempat magang sebagai bankir di Westdeutsche Landesbank (Bank State of German). Di sana, ia bekerja sambil berkuliah di jurusan Ilmu Politik dan Hukum.

7. Selandia Baru

Andrew James Little adalah Menkes Selandia Baru yang menggantikan David Clark yang mundur dari jabatannya di masa pandemi COVID-19. Ia merupakan lulusan hukum, filsafat dan kebijakan publik di Victoria University of Wellington.

Sebelumnya di tahun 2017, ia diangkat sebagai Menteri Kehakiman, Menteri Perjanjian Negosiasi Waitangi, dan Menteri Biro Keamanan Komunikasi Pemerintah serta Bandan Intelijen Keamanan Selandia Baru.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Vaksinasi Corona di Indonesia Belum Menyeluruh, Ini Kata Menkes"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)