Selasa, 22 Des 2020 22:30 WIB

Tetap Glowing Meski Sedang Hamil, Kenapa Tidak? Ini 7 Tipsnya

Kanya Anindita - detikHealth
Young beautiful woman is doing makeup and looking in the mirror. She has got full lips, big blue eyes, blonde hair, white skin Tetap glowing meski sedang hamil (Foto: iStock)
Jakarta -

Seringkali ibu hamil mengalami perubahan fisik seperti kulit menjadi kusam dan muncul jerawat. Hal ini kerap membuat mereka jadi tidak percaya diri.

Tak hanya itu, masalah kulit pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Akibatnya, masalah tersebut membuat para ibu menjadi mudah stres.

Menurut dokter spesialis kulit, dr. Nana Novia Jayadi, SpKK, ibu hamil bisa mengalami perubahan kulit secara fisiologi dan masalah kulit spesifik. Sekitar 80 sampai 90 persen mengalami perubahan fisiologis, hiperpigmentasi, serta kulit menggelap di ketiak dan area genital.

"Kulit ibu dapat mengalami berbagai perubahan, seperti stretch marks di daerah perut, flek hitam di wajah, serta peningkatan produksi kelenjar minyak yang memicu jerawat. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembapan," kata Nana, dikutip dari HaiBunda.

Perubahan kulit terjadi karena peregangan, terutama bagian abdomen yang menyebabkan robeknya serabut elastis di bawah kulit. Sekitar 90 persen terjadi karena perubahan hormonal, seperti peningkatan human chorionic gonadotropin (hCG), estrogen dan progesteron dari plasenta.

"Peningkatan hormonal ini menyebabkan peningkatan pigmentasi akibat adanya stimulus terhadap sel pigmen kulit (melanosit)," ujar Nana.

Penting bagi para ibu untuk menjaga kesehatan kulit, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan. Sebelum itu, ibu juga harus mengenali jenis kulit dan masalah kulit yang bisa muncul.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan kulitnya agar tetap kinclong?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Mengapa Ibu Hamil di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)