Rabu, 23 Des 2020 16:49 WIB

Alami Gangguan Jantung, Wanita Ini Andalkan JKN-KIS Berobat Rutin

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi salah satu jaminan kesehatan di Indonesia yang menanggung berbagai macam penyakit. Manfaat JKN-KIS pun telah dirasakan oleh banyak orang, salah satunya Sulistyowati, warga Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sejak empat bulan lalu, perempuan berusia 45 tahun itu didiagnosa mengalami gangguan jantung setelah melakukan general check up untuk keperluan ibadah haji.

"Saya harus rutin kontrol setiap bulan ke dokter karena ada masalah dengan jantung, namun tidak sepeserpun uang yang keluar karena saya memiliki Kartu BPJS Kesehatan dan menjadi peserta program JKN," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Dia merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit khususnya di bagian poli jantung. Terlebih, semua obat yang diterimanya tanpa harus membayar karena memanfaatkan program JKN-KIS tersebut.

"Alhamdulillah saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan karena ada teman juga yang mengalami gangguan jantung harus kontrol setiap bulan ke dokter dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 1 juta," ungkapnya.

Diketahui, Sulistyowati merupakan salah satu peserta iuran bukan penerima upah atau PBPU mandiri kelas 2 sejak lama, namun kini turun kelas menjadi peserta mandiri kelas 3 karena berbagai faktor. Salah satunya pandemi yang membuat pendapatan keluarganya menurun.

Kendati demikian, ia tetap berupaya untuk tetap rutin membayar iuran. Hal ini lantaran dirinya menyadari pentingnya memastikan kartu yang dimiliki tetap aktif untuk kelancaran berobat.

"Diupayakan terus rutin bayar iuran. Saya rutin setiap bulan rawat jalan terus berobat sampai sekarang, pelayanannya luar biasa sekali. Saya merasa nyaman berobat dengan memanfaatkan Program JKN-KIS," jelasnya,

Ia berharap Program JKN-KIS ke depannya selalu ada untuk memberikan manfaat pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena program tersebut sangat dibutuhkan, apalagi di situasi pandemi COVID-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu harus terus hadir untuk menjamin kondisi kesehatan seluruh masyarakat," pungkasnya.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Gratis Tanpa Syarat!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)