Jumat, 25 Des 2020 17:02 WIB

FDA Sebut Vaksin Corona Moderna Sebabkan Efek Samping Pada Pengguna Filler

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Vaksin disebut sebabkan efek samping pada pengguna filler. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Komite penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengatakan vaksin COVID-19 Moderna bisa menyebabkan efek samping pada orang yang menggunakan filler wajah. Efek samping yang muncul yaitu pembengkakan.

Kondisi ini dialami oleh beberapa relawan uji coba vaksin yang menggunakan filler. Dokter kulit bernama Dr Shirley Chi yang berbasis di California ini mengatakan reaksinya adalah imunologis.

"Saat tubuh menerima vaksin, sistem kekebalan Anda yang menyebabkan peradangan itu meningkat. Begitulah cara kerjanya," kata Dr Chi yang dikutip dari laman New York Post, Jumat (25/12/2020).

Dr Chi juga mengatakan efek samping ini mudah diobati oleh para tenaga medis.

"Jadi masuk akal jika Anda akan melihat respons kekebalan di area tertentu, di mana mereka melihat beberapa zat yang bukan termasuk zat alami di tubuh Anda," lanjutnya.

"Dalam kasus ini, semua pasien mengalami pembengkakan dan peradangan di area yang diberi filler," ujar Dr Chi.

Ia menjelaskan ada 6 relawan yang menjalani filler di pipi enam bulan sebelum di vaksin. Satu pasien lain melakukan filler di bibir dua hari sesudah di vaksin.

"Semuanya diobati dengan steroid dan anti-histamin, dan semua reaksi itu bisa teratasi," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, pihak FDA juga telah memberikan persetujuan untuk vaksin Moderna dan juga Pfizer. Bahkan kedua vaksin COVID-19 tersebut memberikan hasil yang aman, protektif, dan perawatan vaksin Moderna lebih mudah karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat beku.



Simak Video "Harga Vaksin COVID-19 Moderna Berkisar Rp 350 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)