Sabtu, 26 Des 2020 09:18 WIB

Tips Dokter Agar Liburan Nataru Aman di Tengah Pandemi COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Menurut data PT KAI hingga Jumat (25/12), jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api dari Daop I mencapai 75.000 orang. Tetap waspada COVID-19 saat libur natal dan tahun baru. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membayangi momen libur natal dan tahun baru (nataru) 2020. Mobilitas yang tinggi saat liburan seringnya berdampak pada kenaikan kasus positif karena virus ikut terbawa dan menyebar di tengah masyarakat.

Untuk menghadapinya maka protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan wajib diterapkan. Selain itu terapkan juga beberapa langkah pencegahan lain yang disesuaikan dengan aktivitas liburan.

dr Nugraheni Irda, SpPD, dari Primaya Evasari Hospital menjelaskan sebisa mungkin pilih lokasi liburan yang banyak menghabiskan waktu di ruangan terbuka. Sebagai contoh berlibur di pantai, taman kota, kebun, situs budaya, atau kemah di kaki gunung.

"Di ruangan terbuka, udara segar terus bergerak dan berganti membantu menyebarkan cairan atau mikro partikel sehingga kepadatan virus berkurang. Sedangkan, saat berada di dalam ruangan, terdapat penyebaran virus melalui cairan (mikro partikel) yang dilepaskan ke udara saat berbicara, batuk, atau bersin," kata dr Nugraheni dalam siaran pers yang diterima detikcom dan ditulis Sabtu (26/12/2020).

Bila kemudian muncul kesempatan makan di tempat umum, cari tempat makan yang bersih dengan jarak antar tempat duduk yang sudah disesuaikan berjarak dan tersedia tempat cuci tangan. Lebih disarankan membawa makanan dan alat makanan sendiri.

Lepas masker hanya pada saat makan dan segera pakai kembali. Saat makan hindari banyak-banyak mengobrol dan duduk berhadapan dengan orang lain.



Simak Video "Cara Cegah Disease X Agar Tak Jadi Pandemi Setelah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)