Sabtu, 26 Des 2020 13:06 WIB

Tips Tetap Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Jahat

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Makan enak Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat Natal dan Tahun Baru pasti akan banyak tersaji makanan yang lezat dan menggugah selera. Ada kue jahe, pie, klapetart, cheese cake, hingga aneka makanan berat seperti babi panggang, ayam rica-rica, dan berbagai macam sea food.

Meskipun enak, sayangnya, beberapa dari makanan tersebut tidak ramah bagi kamu penderitakolesterol. Kandungan kolesterol jahat yang ada pada makanan 'enak' tersebut akan membuat kadar kolesterolmu melambung tinggi dan hal tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan.

Namun, ada cara loh, biar kamu tetap bisa makan enak tanpa takut kolesterol jahat. Berikut beberapa tips yang detikHealth rangkum dari berbagai sumber.

Tidak Berlebihan

Saat melihat deretan makanan enak tersaji di depan mata, nafsu makan pun secara otomatis akan meningkat. Namun, kamu harus mengerem nafsu makan tersebut. Tak perlu berlebihan saat makan, terutama makan daging merah. Anggaplah konsumsi daging hanya sebagai bagian dari ucapan rasa syukur karena masih bisa berkumpul bersama keluarga di damainya Hari Natal.

Pakai Piring Kecil

Untuk membantu kamu mengontrol makanan yang kamu makan, gunakanlah piring kecil. Jika ukuran piring cukup besar, akan ada dorongan dalam diri kita untuk mengambil porsi makanan lebih banyak. Piring yang lingkarannya tidak besar akan membuat kita bisa mengambil porsi yang sewajarnya dan tidak perlu terus-terusan menambah.

Kurangi Dessert

Selain makanan utama, makan pencuci mulut kerap menjadi bagian paling menggoda. Padahal, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula juga bisa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). Sedangkan HDL berfungsi mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Agar pengikatan kolesterol Jahat tetap berjalan normal, maka kamu harus kurangi konsumsi gula.

Imbangi dengan Sayur

Peran sayur sangat penting untuk menghalangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan, sehingga sebagian kolesterol jahat bisa terbuang. Misalkan, ketika makan sate kambing, kombinasikan dengan timun, acar, tomat, dan sayuran lainnya supaya kita cepat merasa kenyang juga.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dengan minum NestléACTICORdua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. NestléACTICORbaik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)