Sabtu, 26 Des 2020 17:41 WIB

Heboh Pasien Corona-Nakes Berhubungan Intim, COVID-19 Menular Lewat Seks?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Ilustrasi seks. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Viral cuitan seorang netizen yang mengaku pasien COVID-19 berhubungan intim dengan tenanga kesehatan saat sedang menjalani masa isolasi di RS Darurat Wisma Atlet.

Hingga kini masih belum diketahui apakah benar atau tidak unggahan hubungan intim yang diduga sesama jenis itu. Pihak terkait masih melakukan penelusuran terkait kebenaran informasi tersebut.

Terkait risiko penularan COVID-19 lewat hubungan seksual, sebuah penelitian menunjukkan meski belum ada bukti virus Corona ditularkan melalui air mani atau cairan vagina, namun virus tersebut pernah terdeteksi pada cairan sperma seseorang yang sedang dalam masa pemulihan.

Saat melakukan hubungan seks, seseorang akan berada dalam jarak yang sangat dekat, kurang dari 2 meter, dan kemungkinan untuk terkena droplet akan lebih besar. Selain itu, berhubungan seksual juga berarti melakukan hubungan yang intim seperti berciuman.

"Kami tahu COVID-19 ada dalam tetesan pernapasan, tetapi kami tidak tahu pasti apakah itu ada dalam cairan vagina atau air mani," kata ahli infeksi di Cleveland Clinic, Kristn Englund dikutip dari Express.

Seperti yang diketahui COVID-19 dapat menyebar melalui air liur atau lendir. Aktivitas seksual seperti berciuman juga dianggap berpotensi menularkan COVID-19.



Simak Video "Insentif Nakes Dikurangi, IDI: Menkeu Tak Peka Kondisi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)