Minggu, 27 Des 2020 18:33 WIB

Terpopuler Sepekan

Nggak Cuma Budi Gunadi Sadikin, Menkes di 11 Negara Ini Juga Bukan Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memimpin rapat koordinasi pimpinan di Kemenkes RI. Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sehat Negeriku)
Jakarta -

Budi Gunadi Sadikin kini menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) di Indonesia. Ia resmi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/12/2020) di Istana Negara, Jakarta.

Dipilihnya Budi Gunadi Sadikin pun menarik banyak perhatian masyarakat. Pasalnya, mantan Wakil Menteri Badan Usaha Miliki Negeri (BUMN) itu merupakan seorang yang tak memiliki latar belakang medis sama sekali.

Terlebih selama ini posisi Menkes di Indonesia didominasi oleh kalangan dokter. Lantas apakah posisi Menkes harus bergelar dokter atau sarjana kesehatan?

Nampaknya tak selalu begitu, sebab beberapa Menkes di sejumlah negara ini juga tidak memiliki latar belakang medis atau seorang dokter. Di mana saja itu? berikut dirangkum oleh detikcom.

Baca juga: DKI-Jabar Ngegas! Ini Sebaran 6.528 Kasus COVID-19 RI 27 Desember

1. Amerika Serikat

Menkes di Amerika Serikat (AS) saat ini dijabat oleh Alex Azar. Ia dilantik oleh Presiden Donald Trump pada tahun 2018.

Dikutip dari laman resmi pemerintah AS, Azar lulus dengan predikat summa cum laude dengan gelar sarjana di bidang ekonomi dan pemerintahan dari Dartmouth College dan memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Yale.

2. Belanda

Hugo MattheĆ¼s de Jonge yang kini menjabat sebagai Menkes di Belanda bukanlah seorang dokter. Dikutip dari laman resmi pemerintah Belanda, ia merupakan seorang yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai guru.

Hugo de Jonge dilantik sebagai Menkes di Belanda setelah Bruno Bruins (Menkes sebelumnya) mengundurkan diri akibat kelelahan menangani pandemi COVID-19.

3. Jerman

Pria yang saat ini menjabat sebagai Menkes Jerman adalah seorang dengan latar belakang politik. Ia menjabat sebagai Menkes di Jerman sejak tahun 2018.

Spahn merupakan lulusan Ilmu Politik dan Hukum di University of Hagen. Ia bahkan sempat magang sebagai bankir di Westdeutsche Landesbank (Bank State of German).

4. Singapura

Gan Kim Young sudah menjabat sebagai Menkes di Singapura sejak tahun 2011. Sebelum dilantik menjadi Menkes, ia merupakan seorang Menteri Tenaga Kerja di Singapura.

Gan Kim Young juga bukan seorang dokter. Ia merupakan lulusan University of Cambridge Bachelor of Arts bidang Teknik Elektro.

5. Kanada

Sejak tahun 2019, Menkes Kanada dijabat oleh Patty Hajdu. Ia merupakan seorang magister Bachelor of Arts dari Lakehead University dan master di bidang Administrasi Publik dari University of Victoria.

Sebagai Menkes, Hadju bertugas mengawasi Departemen Kesehatan Kanada dan Badan Kesehatan Masyarakat Kanada, serta badan-badan utama yang mengoordinasikan tanggapan pemerintah Kanada terhadap pandemi COVID-19.

Thailand hingga Arab Saudi juga jabatan menkesnya tak dipegang oleh dokter. Simak di laman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menkes Beberkan Alasan Vaksinasi Diminta Secepat-cepatnya"
[Gambas:Video 20detik]