Senin, 28 Des 2020 10:28 WIB

4 Negara Asia Ini Laporkan Kasus Varian Baru Corona, Indonesia Termasuk?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Apakah Mutasi Virus Corona Akan Mengubahnya Jadi Jinak? Virus Corona COVID-19. (Foto ilustrasi: DW (News))
Jakarta -

Munculnya varian baru Corona membuat sejumlah negara dilanda kepanikan. Pasalnya, mutasi virus penyebab COVID-19 ini disebut lebih menular daripada jenis lainnya yang biasa ditemukan.

Dalam beberapa pekan terakhir, ada dua negara yang melaporkan temuan varian baru Corona, yakni Inggris dan Afrika Selatan.

Meski belum ada bukti varian baru Corona ini dapat meningkatkan tingkat keparahan penyakit, tetapi jenis baru ini diduga memiliki kemampuan menular yang sangat cepat.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut daftar 4 negara di Asia yang telah mengonfirmasi kasus varian baru Corona.

1. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara di Asia yang mengonfirmasi kasus varian baru Corona dari Inggris pada Rabu malam (23/12/2020).

Dikutip dari Channels News Asia, varian baru Corona tersebut dibawa oleh seorang pelajar berusia 17 tahun, yang baru berpulang dari Inggris. Diketahui, ia sudah berada di Inggris sejak Agustus 2020.

Pasien yang tak disebutkan identitasnya ini tiba di Singapura pada 6 Desember 2020 dan dinyatakan positif COVID-18 pada 8 Desember.

"Siswa itu mengalami demam pada 7 Desember, dan dipastikan terinfeksi COVID-19 pada 8 Desember," kata Departemen Kesehatan Singapura.

2. Malaysia

Malaysia juga ikut melaporkan kasus varian baru Corona pada Rabu (23/12/2020). Jenis baru COVID-19 ini dideteksi dari 60 sampel pasien Corona di Sabah.

Menurut Direktur jenderal Kementerian Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah, varian baru Corona yang ditemukan adalah A701B. Mirip dengan mutasi virus Corona di Afrika Selatan.

"Ini mirip dengan jenis yang ditemukan di Afrika Selatan, Australia, dan Belanda," katanya di dalam konferensi pers harian, dikutip dari Straits Times.

"COVID-19 selalu bermutasi, dan kami selalu memantau dan meneliti implikasi dari strain yang berbeda terhadap populasi," tuturnya.

Selain Singapura dan Malaysia, negara mana saja yang melaporkan kasus varian baru Corona di Asia? Bagaimana dengan Indonesia? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Update Terkini soal Mutasi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]