Senin, 28 Des 2020 17:05 WIB

Mendeteksi Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu, Mungkinkah Dilakukan?

Farah Nabila - detikHealth
The photo was taken from a front view in a bathroom against a light background. Tanda-tanda kehamilan (Foto: Getty Images/iStockphoto/golibo)
Jakarta -

Bagi pasangan baru menikah, kehamilan merupakan momen bahagia yang paling ditunggu. Ada beberapa tanda-tanda yang ditunjukkan ketika wanita hamil. Tetapi, apakah tanda-tanda hamil yang baru 1 minggu sudah bisa terdeteksi?

Mengetahui tanda-tanda hamil 1 minggu tampak sulit dideteksi sebab tanda-tanda hamil biasanya muncul pada usia kehamilan tiga atau empat minggu. Pada kehamilan 1 minggu, belum ada janin yang tumbuh, karena ini adalah tahapan sebelum fertilisasi dan membuahkan janin. Pada tahap ini, tubuh mungkin sedang bersiap untuk hamil.

Banyak ahli kandungan menghitung kehamilan mulai dari hari pertama haid atau menstruasi terakhir karena seringkali tidak mungkin menentukan hari pembuahan yang tepat. Ini akan terjadi sekitar 2 minggu kemudian setelah ovulasi.

Dikutip dari HaiBunda, kehamilan dihitung dengan cara ini karena meski para ibu tahu tanggal ovulasi, banyak wanita tidak dan masih sangat sulit untuk memastikan kapan kehamilan terjadi. Apalagi, jika pasutri sedang menjalani program hamil, mungkin akan melakukan hubungan seks beberapa kali menjelang masa ovulasi.

Pada usia kehamilan 1 minggu, wanita mungkin akan merasakan beberapa tanda yang mirip seperti menstruasi karena belum ada janin yang tumbuh. Tanda yang muncul pun bisa bertahan selama tiga hingga tujuh hari dan memberikan efek yang berbeda-beda pada tiap wanita.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)