Selasa, 29 Des 2020 06:45 WIB

Ruam Gejala COVID-19 Vs Ruam Biasa, Bedanya Apa Sih? Ini Kata Dokter Kulit

Zintan Prihatini - detikHealth
Dewi Perssik terpapar COVID-19 Gejala COVID-19 yang dialami Dewi Perssik (Foto: dok. Instagram Dewi Perssik)
Jakarta -

Baru-baru ini penyanyi dangdut Dewi Perssik mengumumkan bahwa ia terkena COVID-19. Ia mengalami gejala yang bagi kebanyakan orang terdengar tidak lazim, yakni ruam di permukaan kulit.

Ruam yang muncul seperti kondisi yang dialami Dewi Perssik ketika terpapar COVID-19 memunculkan banyak pertanyaan di benak orang awam. Sebenarnya apa perbedaan antara ruam biasa dengan ruam gejala COVID-19?

Dokter spesialis kulit di D&I Skin Centre Bali, dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK membeberkan perbedaan yang bisa diamati di antara keduanya.

"Ruam covid banyak bentuknya dan tidak spesifik mengkhusus ke penyakit COVID. Jadi tetap harus ada gejala lain yg menyertai ruam untuk menegakan diagnosis COVID," ujarnya kepada detikcom, Senin (28/12/2020).

Ia menambahkan, penilaian secara epidemologis juga diperlukan seperti adanya riwayat berada di dalam kerumunan hingga berkontak erat dengan pasien COVID-19 yang menjadi faktor penentu apakah ruam yang muncul dikarenakan infeksi virus Corona.

"Kapan munculnya ruam pun bisa muncul lebih dahulu daripada gejala lain COVID," paparnya.

Berdasarkan penjelasannya, ruam karena COVID-19 dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun, berikut cirinya:

  • Pada pasien COVID-19 yang berusia lanjut dengan gejala berat, ruam yang muncul disebut akroiskemia atau kulit ujung jari tangan dan kaki berwarna kehitaman hingga muncul lepuhan, dan livedo reticularis atau perubahan warna kulit.
  • Pada anak atau pasien bergejala ringan meliputi bintik atau ruam kemerahan, lentingan berair, biduran, dan pseudo childblain pada jari tangan dan kaki.

Menurut dr Darma, umumnya ruam pada pasien COVID-19 tidak akan berlangsung lama dan sembuh dengan sendirinya. Jika ada keluhan seperti gatal, maka akan diberikan obat antihistamin dan oles pelembap agar mengurangi rasa gatal yang timbul dan menghindari adanya infeksi pada kulit.

Ia menyarankan bagi orang awam yang merasakan adanya ruam di kulit untuk terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter agar mendeteksi apakah ada infeksi COVID-19 atau tidak. Jika ruamd muncul disertai dengan gejala umum COVID-19, maka patut dicurigai adanya paparan virus Corona dan perlu pemeriksaan melalui swab PCR.



Simak Video "Ruam Kemerahan Dewi Persik Terjadi Karena Kulit Sensitif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)