Senin, 28 Des 2020 12:58 WIB

Kata Dokter Kulit Soal Ruam, Gejala COVID-19 yang Dialami Dewi Perssik

Zintan Prihatini - detikHealth
Dewi Perssik saat ditemui di kawasan Trans TV. Dewi Perssik mengalami gejala COVID-19 berupa ruam (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Dewi Perssik sempat terinfeksi virus Corona COVID-19. Lewat Instagram, ia menceritakan gejala yang dialaminya yakni ruam kemerahan di permukaan kulit.

Ruam tersebut muncul antara lain di wajahnya. Meski banyak yang simpati, tidak sedikit pula yang menganggap kaitan ruam kulit dengan gejala COVID-19 itu mengada-ada.

Benarkah COVID-19 bisa memicu ruam kulit? Dokter kulit dari DNI Skin Centre, Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV menjelaskan hubungannya.

"Ya bisa, virus SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) dapat masuk ke mana saja ke dalam organ-organ tubuh seperti saluran napas, saluran cerna, ginjal, pembuluh darah dan termasuk kulit," katanya kepada detikcom, Senin (28/12/2020).

[Gambas:Instagram]



Menurut dr Darma, ruam akibat COVID-19 tidak spesifik sehingga sulit dibedakan dengan ruam pada umumnya. Namun pemeriksaan epidemologis bisa mengungkap kaitannya dengan COVID-19, antara lain riwayat berkerumun atau kontak dengan pasien positif.

Seberapa sering ruam muncul pada pasien COVID-19? Menurut dr Darma, sudah ada beberapa kasus yang dilaporkan dan didiskusikan di forum ilmiah. Meski demikian, gejala ini masih relatif baru.

"Kemungkinan muncul ruam pada pasien covid itu bervariasi resikonya sekitar 0,2-20 persen," jelasnya.

Mungkin nggak sih karena alergi obat?

Kemungkinan alergi obat bisa ditelusur karena pasien dengan riwayat alergi obat umumnya punya catatan, dan dokter akan menghindari obat yang memicu alergi. Selain itu, pemeriksaan rapid test atau PCR akan mengkonfirmasi penyebabnya, apakah alergi atau gejala COVID-19.

"Jika karena alergi obat tentu hasilnya akan non reaktif," jelas dr Darma.



Simak Video "Ruam Kemerahan Dewi Persik Terjadi Karena Kulit Sensitif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)